Fungsi HRD dalam pembuatan Job Desc

Pertanyaan :

Saya masih awam dengan HRD.Kalau boleh diterangkan sebenarnya seberapa besar peranan dan apa saja fungsi HRD dalam suatu perusahaan? Lalu bagaimana kaitannya dengan pembuatan job desk.dan masalah recruitment karyawan? Karena ada pernyataan bahwa pembuatan job desk.dan recruitment bukan tanggungjawab HRD dgn alasan HRD tidak tahu pekerjaan yang dilakukan oleh tiap divisi dan karyawan yang seperti apa yang dibutuhkan oleh tiap divisi,selain dari manajernya masing-masing.Nah, kalau sudah begitu lalu apakah masih diperlukan HRD? Mohon penjelasannya,pak.Terima kasih.


Jawaban :

Peran HR Department di dalam perusahaan sangat penting karena mereka yang bertanggung-jawab mencari, mendapatkan talenta yang diperlukan, maupun mempertahankan dan memotivasi talenta-talenta yang ada sehingga perusahaan dan berbagai fungsi dan departemen di dalamnya dapat mencapai tujuannya. Alasan lain, karena sekitar 30-70% biaya operasi digunakan untuk biaya (atau dapat dilihat sebagai investasi) SDM, perusahaan tentu memiliki kepentingan finansial untuk memberikan perhatian besar pada kegiatan dan fungsi SDM.

Tanggung-jawab HR dalam pembuatan job description dan rekrutmen lebih banyak ke arah mengelola proses atau aktivitasnya. Selain pengetahuan pengelolaan SDM yang mendalam, akan lebih baik bila staf HRD juga memiliki pengetahuan umum mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh masing-masing divisi, misalnya, proses umum produksi atau keuangan, namun pengetahuan teknis yang mendalam dari suatu pekerjaan tertentu akan tergantung pada divisi-divisi. Tidak semua dapat diketahui oleh HRD, sehingga mereka lebih banyak berperan di dalam mengelola prosesnya.