Dua Tahun Tanpa Perjanjian Kerja

Pertanyaan :

Saya bekerja di perusahaan swasta, sudah 2 tahun tidak ada surat-menyurat tentang perjanjian kerja. Menjelang tahun ke 3, baru dikeluarkan surat perjanjian kontrak kerja untuk 1 tahun, dan dalam PKWT itu tidak disebutkan hak dan kewajiban, berapa salary, posisi sebagai apa serta tidak ada pasal-pasal peraturan perusahaan. Apakah itu sah? Dan, PKWT tersebut ditandatangani tanpa materai.


Jawaban :

Secara hukum, maka Anda sudah menjadi karyawan tetap, sebab tidak ada perjanjian yang menyatakan Anda adalah karyawan dengan PKWT.

UU mengatur bahwa PKWT dapat dilakukan dengan 2 kali masa kontrak atau maksimum 3 tahun. Contoh: kontrak pertama 2 tahun dan kontrak berikutnya paling lama 1 tahun; atau, 6 bulan kontrak pertama dan 1 tahun kontrak kedua, maka tidak bisa diperpanjang lagi sebab sudah dua kali masa kontrak. Dalam kasus Anda, dapat saja dianggap Anda diperpanjang satu tahun dimana kontrak yang pertama adalah 2 tahun, tapi harus dicantumkan hak dan kewajibannya. Sepanjang Anda tidak mempermasalahkan dan menerima gaji bulanan, maka dianggap itu adalah hak-hak Anda. Tapi jika Anda tidak menerima, maka dianggap masa kerja 2 tahun itu adalah tidak jelas dan dapat ditafsirkan menurut versi yang berbeda.

Bagi karyawan dapat menafsirkan Anda bukan dikontrak tapi lulus masa percobaan 3 bulan dan otomatis menjadi karyawan tetap. Bagi perusahaan Anda dianggap dikontrak selama 2 tahun dan 1 tahun.