Di-PHK Sebelum Hari Raya, Apakah Dapat THR?

Pertanyaan :

Saya bekerja sejak 23 September 1994 dan pada 3 Agustus 2010 di-PHK. Bagaimana pesangon saya, dan apakah saya masih berhak untuk mendapatkan THR?


Jawaban :

Mengenai hitungan pesangon saya tidak bisa membantu menghitungkan karena Anda tidak menyebutkan penyebab PHK. Pesangon yang diberikan berbeda-beda tergantung dari penyebab PHK.

Mengenai THR, karena tanggal PHK adalah 3 Agustus 2010, berarti lebih dari 30 hari sebelum hari raya, maka Anda tidak berhak atas THR. Apabila PHK dilakukan maksimal 30 hari sebelum hari raya maka karyawan berhak mendapat THR.

Sekaligus menjawab <B>Kurniawan</B> yang <I>sharing</I> dan bertanya mengenai temannya yang "karyawan permanen tapi mengundurkan diri lebih dari 30 hari sebelum lebaran. Jika dihitung mundur dari hari H lebaran, dia mengundurkan diri pada H-33 atau 3 hari menuju ke hari 30. Apakah dia dapat THR?" 

<B>Jawaban:</B>

Menurut Pasal 6 Permen 4/1994, karyawan yang mengundurkan diri lebih dari 30 hari sebelum lebaran tidak berhak atas THR. Isi selengkapnya Pasal 6:

1. Pekerja yang putus hubungan kerjanya terhitung sejak waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum jatuh tempo Hari Raya Keagamaan berhak atas THR.
2. Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) tidak berlaku bagi pekerja dalam hubungan kerja untuk waktu tertentu yang hubungan kerjanya berakhir sebelum jatuh tempo Hari Raya Keagamaan.