Dasar-dasar Remunerasi untuk Orang Non-HRD

Pertanyaan :

Dear Bu Mira, langsung saja Bu, saya diberi kepercayaan oleh perusahaan untuk membuat remunerasi. Saya bukan seorang HRD dan tidak mempunyai latar belakang pendidikan ke-HRD-an. Tolong pencerahaannya, langkah-langkah apa yang harus saya lakukan? Apa referensi buku-buku yang harus dipelajari? Dan, apakah 2 bulan cukup untuk membuat remurasi itu?


Jawaban :

Salam sejahtera, terkait pertanyaan Anda mengenai penyusunan remunerasi maka berikut ini jawaban saya:

1. Sebelum memulai projek ini, coba Anda teliti terlebih dahulu sistem yang sudah berjalan saat ini

2. Teliti bersama-sama Manajemen apakah sistem yang berjalan sudah mengacu pada hukum Pay for Position dan Pay for Performance

3. Dalam penetapan remunerasi biasanya perusahaan harus memiliki skala gaji terlebih dahulu

4. Dalam skala gaji biasanya harus mempertimbangkan keadilan internal yang dilakukan dengan melakukan evaluasi jabatan posisi posisi yang ada di organisasi, dan keadilan eksternal (melalui salary survey).

5. Skala gaji akan menentukan basic salary pegawai pada skala terendah sampai tertinggi. Cara perhitungan dalam penetapan skala gaji ini memang bisa dipelajari dan ada ketentuan-ketentuannya. Yang pasti harus dirancang skala gaji yang dapat menggerakkan pegawai ke arah produktivitas dan paling tidak bisa bertahan dalam kerangka waktu 3 tahun.

6. Coba bandingkangkan harga gaji posisi posisi tertentu yang ada di perusahaan Anda dengan posisi gaji di perusahaan pesaing. Data gaji di pasar ini dapat Anda peroleh melalui survei gaji, atau jika Anda aktif di komunitas profesi HRD akan bisa Anda peroleh datanya dari network ini. Informasi data market ini menjadi referensi apakah skala gaji di perusahaan Anda sudah cukup kompetitif atau belum. Informasi ini penting untuk memperkirakan bagaimana cara perusahaan menahan orang orang potensial.

7. Selanjutnya perbedaan kinerja dari setiap pegawai akan berdampak pada pemberian kenaikan gaji yang bervariasi. Ini memberikan jawaban atas keadilan individu, artinya pekerja yang kinerjanya baik pasti dibayar berbeda dengan pekerja yang kinerjanya biasa biasa saja atau bahkan yang kinerjanya buruk. Sangat disarankan, untuk melengkapi wawasan dalam proses pelaksanaan rancangan remunerasi serta skala gaji, Anda bisa membaca referensi yang relevan agar program yang dirancang tidaklah parsial.

Untuk buku-buku penunjang, Anda bisa mencari di toko buku atau melalui internet. Jika membutuhkan buku-buku penunjang yang relevan, Anda bisa menghubungi saya melalui Portal HR ini. Semoga membantu.