Dasar-dasar Keilmuan dan Strategi Mencapai Posisi Manajer HR

Pertanyaan :

Saya interest sekali di bidang HR, dan saya mempunyai cita-cita kelak ingin menjadi GM SDM seperti Ibu Wiwiek. Saya sempat menjabat sebagai Head Divisi HR/GA di sebuah perusahaan swasta yang menurut saya belum mengacu pada UU Ketenagakerjaan. Keanehan lain yang saya temui adalah Head Div. HR/GA lebih banyak mengarah pada GA, bukan pada HR. Hal ini juga dipengaruhi oleh situasi dan kondisi perusahaan. Karena berbagai faktor itu, saya memutuskan untuk tidak lagi memegang posisi tersebut. Pertanyaan saya :

1. Dari mana seseorang harus belajar atau paham tentang dasar ilmu HR?
2. Bagaimana strategi yang kita susun ketika kita mempunyai ambisi menjadi GM SDM, misalnya pengalaman kerja ideal seperti apa yang dibutuhkan untuk menjabat pos tersebut?
3. Kira-kira umur berapakah seseorang layak untuk menjadi seorang manager?


Jawaban :

Divisi HR pada perusahaan yang belum mapan pada umumnya memang masih disibukkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan teknis operasional. Sehingga, belum menyentuh sisi pendayagunaan dan pengembangan sumber daya manusia.

Sekarang ini sudah banyak buku mengenai HR, dan di berbagai situs internet Anda juga bisa menjumpai banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan HR, berupa artikel, forum maupun milis. Juga, banyak lembaga pendidikan manajemen yang memberikan pengetahuan dasar HR. Pilihlah lembaga pendidikan yang memiliki reputasi yang baik.

Sejujurnya, saya tidak punya strategi khusus untuk menempati posisi tertentu, yang perlu dilakukan adalah bekerja sebaik mungkin pada bidang yang kita geluti dengan penuh semangat, dedikasi dan komitmen yang tinggi. Namun, setidaknya ada langkah-langkah yang mungkin bisa berguna bagi Anda untuk memenuhi ambisi Anda:

1. Bekali diri dengan ilmu yang cukup
2. Bekerjalah di sebuah perusahaan hingga Anda merasa cukup menguasai aspek–aspek HR di perusahaan tersebut.
3. Pindah kerja ke perusahaan dengan skala yang lebih besar dan tantangan yang lebih menarik.

Sekarang ini tak ada patokan umur untuk menjadi manajer. Banyak mereka yang berusia 30 tahun atau bahkan 25 tahun sudah menjadi manajer. Yang lebih penting untuk menempati posisi manajer adalah kompetensi serta kematangan emosi yang dimiliki.

Selamat berkarya, semoga sukses.