Bolehkah Merangkap Jabatan di Beberapa Perusahaan?

Pertanyaan :

Bolehkah satu orang merangkap jabatan manager untuk beberapa perusahaan sekaligus?


Jawaban :

Jawaban:

1. Peraturan per-undang-undangan Ketenagakerjaan tidak mengatur/melarang seseorang bekerja merangkap di beberapa perusahaan.
2. Namun pada umumnya Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja Bersama, atau Code of Conduct yang dibuat oleh perusahaan mencantumkan larangan pekerja untuk bekerja rangkap di perusahaan lain.
3. Terlepas dari jawaban nomor 1 dan 2, seseorang bekerja rangkap sebagai manager di beberapa perusahaan, tidak dapat dibayangkan bagaimana pekerja tersebut melaksanakan tugasnya sebagai manager yang baik di beberapa perusahaan. Untuk menjadi manager yang baik (meski dalam perusahaan kecil), seseorang tentu harus fokus dan total melaksanakan tugasnya. Ia tidak mungkin melaksanakan tugasnya sebagai manager di perusahaan lain dan bekerja hanya pada sore hari sampai malam, atau pada siang hari pekerja tersebut lari kesana kemari dari satu perusahaan satu ke perusahaan lainnya untuk menjalankan tugasnya sebagai manager. Juga tidak mungkin kalau sebagai manager hanya dapat dilakukan dengan semacam "remote control". Rangkap jabatan seperti itu dapat dipastikan bahwa kinerja sebagai manager di beberapa perusahaan tidak dapat dilaksanakan secara optimal dan professional.