Bolehkah Mengontrak Karyawan dengan Masa Percobaan?

Pertanyaan :

Apakah diperbolehkan jika kita mengontrak karyawan seperti CS, Salesman, Accounting Staff, Kasir selama 1 tahun setelah itu baru diputuskan adanya pengangkatan, atau selesai kontraknya? Ataukah, harus tetap dengan masa percobaan selama 3 bulan?


Jawaban :

Kita samakan dulu pemahaman atas istilah. Mengontrak pekerja, dalam peraturan perundang-undangan Ketenagakerjaan, adalah mempekerjakan pekerja dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Ketentuan mengenai "mempekerjakan pekerja dengan PKWT" pada intinya ada 3 hal yang diatur secara rinci dan tegas yaitu:

1. Jenis-jenis pekerjaan mana yang boleh dipekerjakan dengan PKWT
2. Mekanisme perpanjangan dan pembaharuan masa kerja (kontrak)
3. Sanksi bila melakukan kedua hal tersebut (butir 1 dan 2) tidak sesuai dengan ketentuan dalam UU No 13 Tahun 2003, hubungan kerja demi hukum berubah statusnya dari PKWT menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT).

Terkait dengan pertanyaan Anda, silakan lihat Pasal 59 ayat (1) tentang pekerjaan apa saja yang boleh dipekerjakan dengan PKWT. Pada intinya, yang boleh dipekerjakan dalam PKWT adalah pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya sementara/proyek.

Hubungan kerja berdasarkan PKWT dilarang mensyaratkan adanya masa percobaan. Bila disyaratkan masa percobaan, maka masa percobaan tersebut batal demi hukum.