Bingung Menentukan Training untuk Staf Rekrutmen

Pertanyaan :

Pelatihan apa yang pas buat saya, HRM atau tentang rekrutmen dan training? Saya lulusan psikologi tapi bukan dari jurusan psikologi industri. Saat ini saya bekerja di perusahaan industri furniture dan memegang jabatan sebagai staf HRD di divisi Recruitment & Training. Waktu saya melamar pekerjaan, saya belum pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya alias fresh graduate. Pertama kali masuk, saya karyawan di bagian general affairs dan di situ selama kurang lebih 8 bulan. Kemudian saya dipindah ke HRD bagian recruitment & training selama kurang lebih 8 bulan juga. Setelah itu saya dipindah lagi di bagian produksi selama 6 bulan, dan akhirnya saya kembali lagi di bagian recruitment & training sampai sekarang. Selama 1 tahun terakhir ini saya tidak hanya memegang recruitment & training saja. Tapi, juga dituntut untuk mengetahui tentang kepegawaian meskipun bukan pekerjaan utama saya. Mohon saran, mengingat saya juga merasa harus selalu up date dan up grade kemampuan dan pengetahuan tentang HRD.


Jawaban :

Terima kasih untuk berbagi di forum ini. Satu hal yang penting Anda ingat adalah bekal psikologi dapat menjadi kacamata tajam untuk mengembangkan karier di Rekrutmen & Training. Tidak ada masalah dengan apakah Anda telah mengambil profesi Industri atau belum. Anda bisa meningkatkan pengetahuan psikologi industri dari berbagai sumber dan media. Terlebih, dunia kerja bersifat cair namun memerlukan ’ketegasan’ pelakunya, kitalah yang harus mengembangkan diri.

Bekal lain yang telah Anda miliki adalah pengalaman di General Affairs dan Produksi. HRD bukan sekedar perangkum data karyawan, gaji dan bonus, melainkan partner strategis bagi kesuksesan bisnis (perusahaan). Pandangan ini memang masih perlu pembuktian di Indonesia dan menjadi tanggung jawab setiap personel HRD.

Untuk menjadi partner strategis, selain diperlukan pemahaman SDM, psikologi dan tanggung jawab/aktivitas berbagai bagian. Anda juga tentunya dihadapkan tanggung jawab untuk menyusun suatu sistem yang terukur untuk dapat merekrut dan menempatkan orang-orang yang tepat. Tidak berhenti di sana, Anda juga perlu untuk mengembangkan mereka, menciptakan dan menjaga iklim positif kinerja di perusahaan. Pengetahuan HRD maupun psikologi industri dapat Anda pelajari secara praktis di lapangan diiringi dengan media lain (buku, internet, pelatihan dsb).

Untuk menentukan, coba lihat kebutuhan waktu dekat apa yang diperlukan, apakah Rekrutmen- Training atau HRD. Sifat HRD di sini lebih luas dari Rekrutmen-Training, karenanya coba buat prioritas dari urutan tugas & kebutuhan Anda. Diskusikan juga dengan pihak terkait di perusahaan sehingga mendapatkan pertimbangan praktisnya (keuntungan) bagi perusahaan itu juga. Jangan lupa, Anda memiliki andil bagi suksesnya perusahaan. Semoga bermanfaat, terima kasih.