Bila Hasil Asesmen Tidak Akurat

Pertanyaan :

Mbak Ardiningtiyas Pitaloka,

Mengenai asesmen, perusahaan saya mengadakan asesmen oleh Lembaga Asesmen tertentu untuk promosi, namun hasil asesmen saya menjadi: Kurang Environmental dan Leadership. Sementara saya aktif menjabat di organisasi dan berbagai kegiatan Nasional (Koperasi perusahan, Asosiasi Logistik, d/h Wa.Ketua OSIS, Ketua Pramuka, Jambore Pramuka oleh Presiden RI, dll).

Tambahan informasi bahwa dari 8 parameter Hasil Asesmen saya, 3 diantaranya hanya di-copy paste persis.  Pertanyaannya: apa yang harus saya lakukan? Kan ini menyangkut nasib dan masa depan anak dan istri saya, saya sudah konfirmasi, namun Lembaga psikologi hanya minta maaf atas kesalahannya saja, tanpa merubah hasil asesmen. Terima kasih atas perhatian Mbak Ardi.


Jawaban :

Dear Pak H di Medan,

Saya turut menyesal jika memang lembaga tersebut telah mengakui kesalahannya namun tidak membuat koreksi atas laporan assessment Anda secara resmi. Apakah Anda juga telah berkoordinasi dengan HRD di perusahaan? Karena bukan tidak mungkin, terjadi kekeliruan dalam laporan asessmen rekan lain. Saran saya, berkoordinasi dengan pihak internal perusahaan yang tepat, termasuk untuk mengetahui definisi dan parameter tiap criteria. Anda juga perlu mengetahui tidak ada satu assessment yang sempurna untuk melihat profile kerja, karena itu diperlukan multi assessment atau lebih dari satu instrument atau pola. Apakah assessment yang Anda jalani berupa tes tertulis dengan beberapa simulasi seperti presentasi, role-play (bermain peran), diskusi juga analisis?

Jika laporan assessment tersebut menjadi satu bagian proses evaluasi perusahaan, coba bekerjasama dengan pihak HRD untuk meminta pertanggungjawaban secara professional (tertulis) dari lembaga assessment tersebut. Proses ini lebih mungkin dilakukan antar institusi, bukan dari perseorangan, terutama karena perusahaanlah yang bertindak sebagai klien. Maka lembaga assessment bertanggung jawab terhadap perusahaan.

Pada sisi lain, saya harap Anda tidak perlu terlalu kecil hati, karena Anda sendirilah yang menentukan masa depan Anda, laporan tersebut merupakan salah satu instrument penunjang. Bukankah perusahaan juga melakukan evaluasi atas kinerja Anda secara berkala?

Tetap lakukan proses koordinasi secara internal perusahaan dengan tujuan membantu perusahaan mendapatkan data akurat karyawan. Saya mengerti kekecewaan Anda, karena itu, beri waktu pada diri sendiri agar dapat tenang sehingga dapat menunjukkan sikap kooperatif. Kadangkala, tanpa disadari. perasaan kecewa mendorong kita untuk bersikap kurang proporsional sehingga kemungkinan orang (pihak) lain melihatnya sebagai usaha untuk tujuan lebih sempit dari perusahaan secara luas. Sesungguhnya, perusahaan juga sangat berkepentingan mendapatkan hasil kerja lembaga assessment (data) yang akurat. Semoga segera terjadi dialog dan sinergi positif dengan perusahaan. Semoga dapat membantu, terima kasih.

Salam & Sukses

Ardiningtiyas