Beradaptasi dengan Pekerjaan Baru

Pertanyaan :

Saya 11 tahun bekerja sebagai security, tahun ini lulus S-1 Jurusan Manajemen SDM, dan sekarang diterima di sebuah gereja sebagai staf sekretariat. Langkah apa yang harus saya tempuh supaya saya dapat beradaptasi secara cepat terhadap pekerjaan dan orang-orang baru di sekitar saya?


Jawaban :

Dear Sdr.Matheus,

Selamat sebelumnya, Anda lulus dan mendapatkan pekerjaan sekaligus. Sifat pekerjaan Anda memang berbeda dengan sebelumnya. Langkah kecil yang bisa membawa ke bagian yang lebih kompleks, kurang lebih adalah;

(a) Dapatkan informasi akurat dari pihak yang tepat tentang detil tugas Anda. Operasional sehari-hari, mulai dari target hingga toleransi yang biasanya berlaku. Mana yang menjadi prioritas, kondisi-kondisi khusus apa yang harus dipersiapkan untuk pihak, hari atau acara tertentu. Senior yang telah berpengalaman biasanya memiliki tips dan kepekaan sendiri karena telah menghadapi banyak kejutan kecil di lapangan. Kondisi ini kemungkinan besar akan terus berkembang dinamis, tetapi dengan informasi ini, Anda memiliki bekal awal.

(b) Dapatkan informasi ‘budaya’ tempat dan orang-orang yang akan bekerjasama dengan Anda. Gambaran tempat kerja secara umum pasti telah Anda ketahui, tetapi ada karakter khas lingkungan kerja yang tercipta karena interaksi orang-orangnya. Anda bisa mendapatkannya dari pembicaraan santai baik dengan bertanya langsung maupun tidak. Termasuk pihak eksternal mana yang biasanya menjalin kerjasama, misalnya organisasi A untuk kegiatan apa. Anda bisa melanjutkan penelusuran lebih lanjut di internet atau sumber lain untuk lebih mengenal organisasi tersebut.

Setidaknya dua informasi inti di atas akan memberi gambaran Anda untuk masuk di dalam tempat dan komunitas baru. Anda juga tentunya akan selalu dituntut untuk mengembangkan skill teknis, terutama yang bisa memenuhi kebutuhan di sana. Selamat berkarya, semoga bermanfaat.