Bekerja 5 Tahun Tidak Mendapat Tunjangan Apa-apa

Pertanyaan :

Saya bekerja di salah satu badan usaha sejak tahun 2005 sampai saat ini dengan status karyawan tenaga lepas harian dan tidak mendapatkan tunjangan apa-apa. Bagaimana dengan status saya apakah bisa dijadikan sebagai karyawan tetap dan mendapatkan tunjangan kesehatan karena sudah 5 tahun bekerja?


Jawaban :

Jawaban:

Pasal 10 ayat (2) dan (3) Kepmenakertrans No 100 tahun 2004 tentang Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu antara lain berbunyi sbb:

– Perjanjian kerja harian lepas dilakukan dengan ketentuan pekerja/buruh bekerja kurang dari 21 (dua puluh satu ) hari dalam 1 (satu) bulan.
– Dalam hal pekerja/buruh bekerja 21 (dua puluh satu) hari atau lebih selama 3 (tiga) bulan berturut-turut atau lebih maka perjanjian kerja harian lepas berubah menjadi PKWTT.

Pertanyaannya, bagaimana mekanisme hubungan kerja anda sebagai pekerja harian lepas apakah sudah sesuai dengan ketentuan di atas atau telah melanggar ? Bila telah terjadi pelanggaran oleh perusahaan, status hubungan kerja anda telah berubah menjadi pekerja waktu tidak tertentu (permanen, tetap) dan hak-hak anda sama dengan pekerja permanen yang lain. Namun bila perusahaan tidak melakukan pelanggaran, status hubungan kerja anda tetap sebagai pekerja harian tetap. Mengenai jaminan kesehatan, perusahaan wajib menyertakan anda dalam Program Jamsostek, yang salah satu programnya adalah Jaminan Pemeliharaan Kesehatan.