Bagaimana Supaya PNS Lebih Profesional?

Pertanyaan :

Pak saya mau tanya

Saya bekerja di lingkungan pemerintah yang sarat dengan birokrasi dan senioritas yang terkadang tidak berlandaskan kinerja, posisi saya adalah
awalnya honorarium dan sekarang diangkat menjadi pegawai non PNS. Pak Bambang Yth, bagaimana caranya agar lingkungan saya bekerja bisa lebih profesional karena terkesan yang senior atau PNS cenderung memerintah saja bisanya dan bahkan 804, absen jam 8 pulang dan kembali cek lock jam 4. kemudian apakah ada solusi memberitahu bos yang aman tanpa terkesan mencari perhatian?


Jawaban :

Jawaban:

1. Sejumlah perbedaan sangat mendasar antara PNS dan Pekerja Perusahaan (BUMN atau swasta) antara lain adalah:
– Output PNS adalah pelayanan kepada masyarakat. Output Pekerja Perusahaan adalah produk berupa barang atau jasa yang bersifat komersial dan menghasilkan profit.
– Atas pekerjaannya, PNS menerima gaji yang jumlahnya tidak ditentukan oleh kinerja/performance. Kenaikan gaji karena masa kerja dan pangkat/jabatan. Pekerja Perusahaan, besar kecilnya upah/gaji berdasarkan tugas dan tanggung jawab, dan kenaikan upah/gaji dengan system merit yang didasarkan atas penilaian kinerja/performance secara ketat berdasarkan target/ KPI (Key Performance Indicator)
 – Kegiatan sehari-hari PNS tidak terbiasa berorientasi ke target sehingga juga tidak terbiasa dengan ‘sense of urgency’. Misal: tidak ada target bahwa hari ini saya (PNS) harus dapat menyelesaikan penyiapan dokumen 5 IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Berbeda dengan Pekerja Perusahaan, ada target dan deadline penyelesaian tugas/pekerjaan. Seringkali tidak dapat memenuhi target berdampak pada kinerja buruk,
bahkan dapat di PHK. Pekerja Perusahaan pada level apapun dituntut untuk bekerja secara professional.

2. Semua kondisi tersebut berdampak pada kinerja/perilaku PNS seperti apa yang anda sampaikan dan kita lihat. Anda juga bisa lihat bagaimana pola pikir/sikap seorang pensiunan PNS dibandingkan dengan pensiunan Pekerja Perusahaan.

3. Di perusahaan swasta, lazim seorang boss/manager bila perlu memfoto copy surat/dokumen sendiri. Hal seperti ini tidak akan terjadi di instansi pemerintah.

4. Tidak tentang mana yang baik dan tidak baik, masing-masing berada dalam lingkungan yang membuat mereka menjadi berbeda.

5. Saya tidak dapat menemukan cara untuk memperbaiki kinerja pegawai/pimpinan senior tersebut karena mind set dia/mereka yang telah terbentuk selama puluhan tahun sejak mulai bekerja jadi PNS. Sejak muda mereka sudah dalam setting/habitat yang demikian. Bila ada caranya, paling hanya dapat berubah sedikit, tidak akan banyak berubah.
6. Tidak semua PNS berperilaku seperti yang anda kemukakan, namun secara umum kebanyakan seperti yang anda gambarkan.