Bagaimana Pemimpin Menghadapi Karyawan Lebih Tua?

Pertanyaan :

Bagaimana menjalin hubungan baik terhadap karyawan yang usianya lebih tua, sehingga pimpinan merasa lebih dihargai?


Jawaban :

Pertama Anda harus pahami tipe kepribadian dari Anda sendiri, baik kelebihan dan limitasinya. Kedua, Anda juga harus memahami tipe kepribadian karyawan yang Anda hadapi. Orang yang usianya lebih tua umumnya ingin mendapat <I>respect</I> dari orang yang lebih muda. Bentuk <I>respect</I> itu berbeda-beda sesuai tipe kepribadian masing-masing.

Ketiga, Anda harus bisa menemukan kunci terbaik menghadapi masing masing karyawan senior itu. Jika mereka senang didengarkan, maka Anda harus menunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya untuk mendengar komunikasi mereka. Sebaliknya, jika mereka lebih senang diam, Andalah yang secara sopan memulai pembicaraan. Jika mereka bersikap lebih perfeksionis, Anda harus memahami alasan logis di balik sikap perfeksionisnya itu. Dan sebaliknya, jika mereka tipe yang ingin cepat dan tepat, Anda juga harus membiasakan diri berada dalam ritme yang cepat.

Keempat, jika Anda sudah mahir mendiagnosa pendekatan yang paling tepat, Anda bisa terbiasa melakukan teknik migrasi ini. Selanjutnya, Anda lebih mudah mendapatkan komitmen mereka.

Semoga berhasil dan salam.