Bagaimana Menilai Ketelitian dan Kecekatan Kandidat Tanpa Assessment?

Pertanyaan :

Tempat saya bekerja adalah sebuah toko grosir dimana kebanyakan pekerjaan merupakan low-skilled jobs. Para karyawan di sini tamatan SMA. Skill yang dibutuhkan antara lain ketelitian dan cekatan. Bagaimana menentukan seorang kandidat memiliki suatu skill tertentu, dalam hal ini ketelitian dan cekatan? Kami tidak mempunyai resource untuk melakukan assessment yang mendalam, apa saran dari bapak/ibu --tes yang seharusnya kami lakukan?


Jawaban :

Menjawab pertanyaan Anda mengenai metoda untuk melakukan asesmen soal ketelitian dan cekatan untuk kelompok low-skilled jobs, saya dapat memberikan sara sebagai berikut :

1. Jika di kota Anda tersedia Biro-biro Psikologi yang bisa menyediakan jasa pengetesan, mereka memiliki alat tes psikologi khusus untuk aspek ketelitian dan kecekatan kerja ini.
2. Sebaiknya jika jumlah kebutuhannya besar di perusahaan Anda belum ada budget untuk menyerahkannya tes serupa ini ke psikolog ahlinya, Anda dapat memberikan kasus-kasus (work sample test) yang Anda sadur dari tugas-tugas sehari-hari yang akan mereka lakukan. Uji mereka dengan model persoalan serupa dan buatlah cara penskoringan sendiri.
3. Sangat disarankan, Anda juga meneliti calon-calon yang akan diterima dari wawancara singkat mengenai perjalanan dan kehidupan (aktivitas) mereka selama ini. Jika mereka memiliki bukti-bukti kisah aktif dan inisiatif, misalanya bisa keluar dari beban ekonomi dengan mandiri, tidak tinggal diam dan selalu mencari cara untuk menemukan aktivitas baru maka diprediksi mereka kelompok yang cekatan. Masalah ketelitian kerja memang harus ada pengecekan melalui tes-tes tertentu.
4. Observasi dengan seksama bagaimana reaction time mereka selama sesi wawancara. Orang yang aktif dan enerjik dapat teramati dari tampilan diri dan sikap antusiasmenya selama mengikuti sesi wawancara.

Selamat mencoba!