Bagaimana Menghadapi Karyawan-Pemegang Saham yang Susah Diatur?

Pertanyaan :

Saya mempunyai anak buah yang susah sekali untuk mengikuti peraturan yang ada di perusahaan. Kebetulan karyawan tersebut mempunyai saham di perusahaan kami. Setiap kali saya tegur selalu melawan dengan alasan dia mempunyai kepemilikan saham. Mohon masukannya untuk menghadapi karyawan yang seperti ini.


Jawaban :

Menjawab pertanyaan Anda mengenai karyawan yang sulit mengikuti peraturan dan kebetulan adalah pemegang saham, maka Anda dapat mencoba beberapa pendekatan di bawah ini:

1. Anda harus mengajak yang bersangkutan dalam diskusi tentang peraturan-peraturan yang berlaku di perusahaan dan bertukar pikiran mengenai bagaimana menurut pandangannya jika peraturan tersebut dikenakan kepada umumnya pegawai, baik kelebihan dan kelemahannya. Mintakan masukan dari orang tersebut mengenai impelementasinya di lapangan berikut konsekuensi hukuman yang akan diberlakukan. Mungkin Anda perlu mengubah gaya pendekatan yang lebih bersifat dua arah agar terjalin komitmen yang sukarela dari dia.

2. Ajak orang tersebut untuk menyadari (secara sukarela) bahwa pemegang saham (pemilik) akan menjadi Role Model bagi pekerja lain, dan tugas sebagai role model memang amanah yang harus dijalankan. Berikan dan pancarkan harapan positif bahwa dia memang layak menjadi seorang Role Model meski masih di level staf sekalipun. Semoga ajakan ini menggugah kesadaran dia untuk berperan lebih positif

3. Jika cara kedua belum berhasil, maka Anda dapat menggunakan mediator lain (yang juga pemilik saham) di internal perusahaan yang dapat melakukan pendekatan kepada karyawan tersebut.

Selamat mencoba!