Bagaimana Mengatasi Pemborosan Teh dan Kopi di Kantor?

Pertanyaan :

Perusahaan kami menyediakan minuman kopi dan teh setiap hari (sehari 2 kali, dengan cara disiapkan oleh petugas) kepada semua karyawan yang menginginkan minuman tersebut. Masalahnya, terjadi pemborosan terhadap pemakaian kopi, teh dan gula setiap bulannya. Yang menjadi pertanyaan, apakah perusahaan memang wajib menyediakan minuman kepada karyawannya setiap hari? Jika ya, bagaimana cara menyediakannya agar pemborosan dapat diatasi?


Jawaban :

Tidak ada kewajiban bagi perusahaan untuk menyediakan minuman tersebut setiap hari. Penyediaan minuman, atau pun makanan merupakan salah satu jenis fasilitas yang diberikan kepada karyawan agar karyawan nyaman dalam bekerja. Makin bagus fasilitas yang diberikan maka kredibilitas perusahaan di mata karyawan makin baik –karyawan merasa makin nyaman dan pada akhirnya dapat memberikan kontribusi terbaik buat perusahaan. Tentu saja pemberian fasilitas kenyamanan ini disesuaikan dengan kondisi perusahaan.

Jika tidak terlalu mendesak untuk mengurangi anggaran teh dan kopi, sebaiknya tidak perlu dikurangi. Pengurangan fasilitas akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi karyawan dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil kerja. Kalaupun terpaksa dilakukan pengurangan fasilitas maka perlu disertai dengan penjelasan atau sosialisasi yang baik, disertai alasan yang mendasarinya agar tidak berdampak negatif terhadap suasana kerja. Seperti kita ketahui bahwa suasana kerja yang nyaman merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan karyawan dalam bekerja.

Jika tetap bermaksud mengurangi fasilitas, dapat dilakukan dengan menyediakan teh dan kopi sesuai anggaran, misalnya per minggu ditetapkan sekian rupiah. Jika habis sebelum akhir minggu, ya berarti tak ada teh dan kopi di akhir minggu. Tentu saja ini tidak berlaku untuk keperluan konsumsi rapat internal maupun tamu perusahaan –untuk kedua hal tersebut harus tetap disediakan teh dan kopi.