Bagaimana Membuat Sistem Penggajian + Bonus yang Adil?

Pertanyaan :

Bagaimana membuat sistem penggajian + bonus yang adil dalam suatu perusahaan dan bagaimana cara membagi ke untungan ke pemilik saham (berapa persen dari keuntungan yang wajar di alokasikan ke pemilik saham dan perusahaan)?


Jawaban :

Sistem penggajian dan bonus dilihat “adil” bila itu diberikan sesuai dengan tingkat jabatan pegawai (grade atau level) maupun prestasi kerjanya. Makin tinggi jabatan pegawai, makin tinggi pulalah gaji yang diterima. Dalam sistem yang baik, ada perbedaan besar bonus dari pegawai yang memiliki kinerja baik dibandingkan dengan yang kurang-baik.

Sistem penggajian yang baik adalah sistem yang dapat memotivasi karyawan untuk berprestasi sebaik mungkin, tanpa membebani organisasi di dalam menjalankannya. Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti tingkat gaji pegawai terhadap tingkat gaji di pasar atau industri, jenis dan proporsi komponen-komponen gaji yang diberikan, bujet yang tersedia, serta hubungan gaji dengan performance pegawai.

Keuntungan perusahaan umumnya diberikan ke pemilik saham dalam bentuk dividen. Besar kecilnya dividen yang diterima tergantung dari porsi kepemilikan saham seseorang di dalam perusahaan tersebut serta kinerja keuangan organisasi. Kalau untung cuma sedikit, bisa saja tidak perlu ada pembagian dividen karena perusahaanpun juga perlu menahan sebagian laba/keuntungan untuk dapat bertumbuh.