Bagaimana Membuat Blueprint Training Karyawan?

Pertanyaan :

Saya baru ditempatkan di bagian training and recruitment, bagaimana cara embuat blueprint training karyawan yang baik? Perusahan tempat saya bekerja baru 3 tahun berjalan dan bergerak di bidang konsultan pendidikan. Terima kasih


Jawaban :

Jawaban kami:
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pertanyaan yang memang harus dijawab oleh setiap karyawan pada bidangnya masing-masing, terutama pada level yang tinggi, pada saat memulai pekerjaan baru.

Semuanya dimulai dengan adanya perencanaan yang sifatnya stratejik. Biasanya kita lakukan dengan beberapa tahapan berikut:
1. Tentukan visi departemen training
2. Tentukan misi departemen training
3. Tentukan kriteria sukses departemen training
4. Tentukan strategy
5. Tentukan program
6. Tentukan kegiatan
7. Tentukan prosedur
8. Tentukan anggaran.

Tahapan ini adalah tahapan paling awal dilakukan. Kalau tahapan ini sudah ok, maka kita susun perencanaan tahunan. Ada banyak strategi yang digunakan, 2 diantaranya adalah pelatihan didasarkan kebutuhan dan pelatihan harus diikuti dengan evaluasi. Nah pada tahap penyusunan rencana tahunan ini, semua pelatihan harus didasarkan identifikasi kebutuhan. Kalau identifikasi kebutuhan sudah dilakukan, maka jadwal disusun, pelatihan dilaksanakan dan evaluasi dilakukan.

Demikian jawaban kami.

Salam,
Sinurat, Sahala