Bagaimana Melakukan “Lompatan Karier” dari IT ke HR?

Pertanyaan :

Saya sudah hampir 8 tahun berkerja pada sebuah perusahaan di mana tugas saya menangani desain dan IT. Tapi, sering juga saya harus menangani marketing dan lumayan banyak pencapaiannya. Rencananya saya ingin melakukan sebuah loncatan karier di mana saya tidak ingin hanya berkecimpung di desain atau IT saja. Saya sangat tertarik dengan hal-hal personalia (HR) atau pendidikan. Langkah-langka apa yang harus saya lakukan untuk loncatan karier tersebut mengingat kebanyakan perusahanan umumnya ingin yang berpengalaman, sedangkan saya masih baru dalam bidang tersebut


Jawaban :

Tentu Anda dan siapa pun bisa melakukan loncatan karier. Satu langkah sebelum loncatan itu dimulai adalah bersedia menjalani prosesnya. Dunia HR/pendidikan memang menarik, dan telah menjadi perhatian dunia korporat sebagai partner strategis. Untuk menjadi praktisi HR, Anda bisa mulai belajar dari berbagai sumber. Pelatihan baik yang bersertifikasi maupun tidak adalah salah satu yang bisa dicoba. Di sana Anda bisa mendapatkan ilmu HR sekaligus jejaringnya. Dunia HR terbuka untuk siapa saja termasuk latar belakang yang beragam. Jejaring ini juga bisa dikembangkan melalui situs online yang bertebaran, dengan catatan, selektiflah agar efektif dan efesien.

Anda bisa memulai dengan ketertarikan spesifik di dunia HR. Mungkin ada hal tertentu yang mengusik Anda dan menarik untuk terlibat lebih jauh lagi. Ketertarikan awal ini bisa menjadi modal untuk mencari informasi secara efektif, mengingat ada banyak sekali faset dalam HR. Selain itu, sebagai IT, mungkin Anda telah mengenal atau pernah mendengar sistem HR online. Sepertinya ini bisa menjadi titik-tolak yang menarik. Anda bisa bekerjasama dengan pihak HR yang telah berpengalaman sebelumnya untuk mengemas suatu sistem HR internal sehingga lebih efektif, misalnya. Kerjasama ini akan lebih optimal ketika Anda telah mengenal HR lebih banyak, terlebih setelah nanti Anda punya titik perhatian utama yang bisa menjadi ciri khas Anda ke depan.

Selamat bereksplorasi.