Bagaimana Cara Membaca Hasil Psikotes?

Pertanyaan :

Saya baru masuk sebagai HRD general di sebuah perusahaan, tapi background saya bukan dari psikolog. Sekarang saya diminta untuk menyiapkan psikotes untuk rekrutmen karyawan. Saya tidak tahu bagaimana cara membaca hasil psikotes seseorang, setelah yang bersangkutan mengerjakan soalnya. Bagaimana caranya? Untuk soal-soal psikotesnya, bisakah dibeli di pasaran?


Jawaban :

Dear Sdr. Triana,

Tentu psikotest itu tidak hanya dimaksudkan untuk dikerjakan namun juga selanjutnya diinterpretasi. Anda bisa saja mempelajari dengan membaca buku-buku psikotes, tapi ada keterampilan teknis membaca dan
menginterpretasi psikotes yang memerlukan pendidikan sendiri.

Cobalah untuk bekerjasama dengan konsultan psikologi atau HR yang juga menggunakan psikotes dalam rekrutmen. Beberapa konsultan menggabungkan psikotes konvensional, menyusun alat sendiri termasuk menggabungkan dengan teknik asessment center. Untuk membeli instrumen psikotes, Anda bisa juga ke Universitas Indonesia, Depok. Namun, alat tersebut hanya boleh dibeli oleh para psikolog yang telah memiliki lisensi. Semoga bermanfaat, terima kasih.