Bagaimana Agar Karyawan Tak Cuti Bersamaan?

Pertanyaan :

Saya punya karyawan sebanyak 1500 orang tersebar di beberapa section. Sering terjadi karyawan mengambil cuti bersamaan, sehingga mengakibatkan kekurangan Man Power untuk section tertentu. Dengan rumus bagaimana kami mengatur cuti tahunan karyawan secara standar per section?


Jawaban :

Pengaturan cuti pekerja merupakan kewenangan mutlak manajemen. Berdasarkan undang-undang, pekerja memang berhak atas cuti. Namun, kapan dia boleh mengambil cuti, menjadi hak manajemen untuk mengatur atau menjadwalkannya. Dalam satu tahun, pada umumnya ada 3 event dimana pekerja cenderung mengambil cuti yaitu lebaran, liburan sekolah, serta Natal dan tahun baru.

Perusahaan dapat mengatur pekerja secara bergiliran sehingga semua pekerja dapat menikmati cuti dalam ketiga event tersebut secara bergiliran. Pekerja dapat dibagi menjadi 3 kelompok, diatur sedemikian rupa misalnya untuk tahun 2009 yang boleh cuti lebaran adalah kelompok A, dan kelompok B hanya boleh mengambil cuti liburan sekolah. Untuk tahun 2010, sebaliknya. Dan seterusnya.