Apakah Yang Dimaksud Dengan Assessment Center?

Pertanyaan :

Bulan depan saya akan dikirim perusahaan saya untuk mengikuti proses assessment center. Apakah yang dimaksud dengan assessment center? Adakah kaitannya dengan penilaian kinerja saya?


Jawaban :

Terima kasih untuk pertanyaan Bapak.
Saat ini metode assessment center memang marak digunakan oleh berbagai organisasi. Assessment Center merupakan evaluasi perilaku dengan menggunakan suatu standar tertentu berdasarkan beberapa tools dan beberapa masukan. Metode ini menggunakan berbagai teknik assessment (multiple assessment) seperti tes, wawancara, kuesioner, maupun simulasi. Teknik assessment tersebut disusun atau dipilih guna menampilkan perilaku yang telah ditentukan dalam setiap job/role yang akan diukur.

Metode assessment center dapat dimanfaatkan untuk menjawab kebutuhan organisasi dalam melakukan proses evaluasi untuk keperluan rekrutmen, seleksi, pengembangan, promosi, hingga mempersiapkan jalur suksesi.

Biasanya sebelum Bapak diikutsertakan dalam assessment center, pihak HR yang biasanya menjadi penyelenggara akan melakukan sosialisasi mengenai tujuan diselenggarakannya assessment center. Selain itu, dalam sosialisasi akan dijelaskan pula perilaku apa saja yang akan diukur dan teknik-teknik assessment yang digunakan.

Peserta assessment akan memperoleh umpan balik (feed back) dari hasil assessment center yang diikutinya. Hasil umpan balik menggambarkan area kekuatan dan area yang masih perlu dikembangkan. Tentunya gambaran ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja Bapak dalam menjalankan sebuah peran.