Apakah UMP Karyawan Baru dan Lama Dibedakan?

Pertanyaan :

Beberapa waktu lalu perusahaan telah menaikkan UMR 2010 sesuai SK Gubernur Jawa Barat. Kenaikan UMR ini kalau dihitung adalah Rp 99.000 sedangkan UMK 2010 adalah Rp 1.287.000. Masalahnya, kenaikan itu tidak merata berdasarkan nilai prestasi kerja masing-masing karyawan. Perusahaan menganggap bahwa aturan kenaikan yang mereka anut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku dari pemerintah yaitu UMK 2010. Jadi. apabila karyawan itu prestasi kurang maka hanya mendapatkan kenaikan Rp 60.000 sedangkan yang prestasi baik mendapatkan Rp 140.000. Tapi, bagi yang kurang ini setelah dihitung UMK-nya ternyata masih lebih dari UMK 2010. Ini terjadi pada orang lama namun prestasinya kurang sehingga selisih gaji dengan orang baru namun berprestasi hampir sama. Apakah dalam hal ini ada pelanggaran? Apakah UMK berlaku bagi orang lama dan baru? Bagaimana cara perhitungan upah yang benar?


Jawaban :

Yang diatur oleh pemerintah adalah gaji minimum bagi karyawan, artinya gaji karyawan tidak boleh lebih rendah dari UMP (Upah Minimum Propinsi) yang ditetapkan oleh masing-masing daerah. Sedangkan kebijakan penggajian diatur sendiri oleh perusahaan sesuai dengan kondisi dan kemampuan perusahaan. Pada umumnya hal yang dapat berpengaruh terhadap jumlah gaji yang diperoleh merupakan gabungan dari:

1. Prestasi kerja: karyawan dengan prestasi kerja yang lebih baik mendapatkan gaji lebih besar
2. Jabatan: gaji manajer lebih besar dibandingkan staf
3. Jenis pekerjaan: karyawan yang menempati posisi sesuai dengan core business perusahaan mendapatkan gaji lebih besar dibandingkan karyawan lain, misal perusahaan bergerak di bidang konsultan, maka gaji konsultan akan lebih besar dibandingkan gaji staf pendukung (misal staf bagian umum)

4. Lama bekerja: orang yang bekerja lebih lama akan mendapatkan gaji lebih tinggi, misal staf akuntansi yang bekerja 10 tahun gajinya lebih besar dari gaji staf akuntansi yang bekerja 1 tahun. Mengapa demikian? Karena gaji karyawan yang sudah bekerja 10 tahun tersebut setiap tahun pasti berubah ru mengikut kenaikan gaji tahunan perusahaan. Disamping itu karyawan yang bekerja 10 tahun dianggap lebih trampil bekerja dibandingkan karyawan yang baru bekerja 1 tahun. Apakah akan selamanya seperti ini? Seharusnya dalam strategi penggajian diatur sedemikian rupa, hingga suatu saat gaji karyawan yang junior bisa sama dengan senior jika karyawan junior ini menunjukkan prestasi kerja yang bagus terus menerus sedangkan karyawan yang senior ternyata prestasi kerjanya tidak baik.

Yang penting diperhatikan oleh perusahaan dalam menentukan strategi penggajian: Jangan sampai karyawan menjadi demotivasi atau bahkan terjadi turn over yang tinggi akibat strategi penggajian yang kurang tepat.
Menjawab pertanyaan Anda:

1. Sepanjang gaji terendah karyawan di perusahaan tersebut minimal sama dengan UMP maka perusahaan tidak menyalahi peraturan.
2. UMP tidak mengatur gaji karyawan baru atau karyawan lama, yang diutamakan adalah gaji karyawan tidak boleh kurang dari UMP.

Demikian, semoga bermanfaat.