Apakah Outsourcing Signifikan Membantu Bisnis?

Pertanyaan :

Pak Farid, saya hanya ingin tahu, sebenarnya kapan Outsourcing itu mulai ramai dipraktekkan, dan apakah memang signifikan untuk membantu bisnis? Terima kasih.


Jawaban :

Mas Adrian, sebenarnya ide dan konsep outsourcing sudah dimulai lama sekali, saat suatu organisasi telah meminta suatu group di luar organisasi untuk membantu pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan secara internal. Penggunaan kata "outsourcing" sendiri sudah mulai dipakai sekitar tahun 1970 di dunia manufacturing. Sejak saat itu outsourcing mulai dikenal dan di implementasikan secara global.

Beberapa data mengungkapkan perusahaan manufacturing rata-rata telah melakukan outsource terhadap 70 – 80% dari proses penyelesaian produk mereka. Seluruh profesional service, seperti akuntan, pengacara, konsultan dan lainnya, mengadopsi konsep outsource ini. Dan saat ini sangat sulit, bahkan bisa dibilang, hampir tidak ada perusahaan yang tidak melakukan hal ini di salah satu proses bisnisnya. Bahkan menurut Peter Drucker "jika ditanyakan industri apa yang paling berkembang pesat di Amerika, maka jawabnya adalah outsourcing .. ". Demikian, terima kasih.