Apakah Non-Psikolog Berwenang Melakukan Assessment?

Pertanyaan :

Saya bekerja dalam suatu lembaga psikologi di Jakarta. Apakah seorang yang non psikolog bisa melakukan assessment? Dia sangat paham dengan alat tes, terutama tes kepribadian, sehingga sering melecehkan psikolog-nya sendiri.


Jawaban :

Dear Ibu Dewi,

Seseorang yang non-psikolog bisa melakukan administrasi dan interpretasi tes psikologi hanya sebatas pada alat tes yang memang digolongkan untuk penggunaan di bidang industri dan organisasi. Tes-tes yang digunakan hanya bisa pada Level A (tes kemampuan) dan Level B (tes kepribadian) yang sudah digariskan oleh BPS (British Psychological Society). Itu pun dia harus melewati pelatihan sertifikasi kompetensi dari BPS untuk bisa menggunakan tes pada level tersebut.

Ketentuan dari BPS menyatakan bahwa mereka yang belum memiliki sertifikasi tersebut tidak berhak untuk mengadministrasikan dan menginterpretasikan tes-tes pada level A dan level B. Sertifikasi ini tidak menyatakan bahwa seseorang kemudian menjadi psikolog jika telah lulus.

Saya tidak memiliki informasi lebih lanjut apakah yang bersangkutan memang sudah lulus sertifikasi seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Jika iya, maka dia berhak untuk mengadministrasikan dan menginterpretasikan alat tes pada level A dan Level B. Jika belum, maka dia tidak memiliki wewenang untuk melakukan kedua hal tersebut.