Tahun 2008, Saatnya HR untuk Tampil

Sebentar lagi tahun 2008 akan tiba, sudah siapkah pasukan HR kita menyambut tahun yang penuh tantangan itu? Kenaikan harga minyak dunia, pembatasan pemakaian bensin premium, kemacetan yang semakin menjadi-jadi (khususnya di Jakarta), ancaman bencana banjir dan berbagai bencana lain akibat pemanasan global, adalah sebagian kesulitan yang membayangi datangnya tahun baru.
Saya membayangkan suatu hari tiba-tiba saja CEO memanggil Anda, selaku direktur atau manajer HR, untuk berdiskusi. Harga barang-barang kebutuhan akan naik, biaya hidup karyawan dipastikan akan naik, hal ini mau tidak mau akan mempengaruhi suasana bekerja dan kinerja karyawan. Apa saran Anda agar karyawan tetap betah bekerja dan bahkan bekerja lebih produktif?
CEO yang tanggap dan proaktif memikirkan kebutuhan karyawan, dan kemudian berinisiatif untuk membicarakannya dengan HR, itulah barangkali yang sangat diharapkan teman-teman HR. Sayang sekali, untuk saat ini hal seperti itu mungkin sangat jarang terjadi. Yang lebih mungkin terjadi adalah karyawan yang mulai resah menghadapi tahun depan yang sulit. Ada yang mulai mengira-ira berapa prosentasi kenaikan gaji tahun depan, bila ada. Ada yang mulai menghitung kenaikan biaya transportasi apabila premium harus diganti pertamax. Maka teman-teman HR, bersiaplah menerima permintaan atau bahkan tuntutan kenaikan gaji/tunjangan.
Sebelum kedua hal yang saya bayangkan itu terjadi, sebaiknya HR mengambil langkah proaktif. Dengan segala kesulitan di depan mata yang dapat mempengaruhi kondisi bekerja tersebut, justru inilah momentum yang bisa diambil HR untuk tampil.
Menyiasati kondisi ini, HR harus mempunyai kepekaan tinggi sehingga menghasilkan usulan yang "win-win" untuk perusahaan maupun karyawan. Kami percaya hal itu tidak mudah. Tapi, begitu HR mampu menunjukkan kepada CEO bahwa melalui pendekatan HR yang peka terhadap kebutuhan karyawan serta tetap mematuhi hitung-hitungan bisnis, performa organisasi meningkat secara keseluruhan, maka setelah itu pastilah CEO akan selalu meminta pendapat HR dalam setiap keputusan bisnis. Dan, di sinilah HR keluar sebagai <I>champion</I>. Bukan organisasi, bukan karyawan, tapi (ternyata) HR-lah yang menjadi pemenang dalam situasi yang "win-win". 
Bagaimana HR melakukannya?
Sepanjang tahun 2007 <B>PortalHR.com</B> mencatat beberapa tokoh HR yang berhasil menjadi figur yang selalu diajak berdiskusi oleh CEO-nya. Cerita mengenai bagaimana mereka melakukannya ada di rubrik Wajah HR di portal ini. Kami juga mencatat berbagai upaya HR untuk terus maju dan menunjukkan dirinya di antara divisi-divisi lain. Berbagai perhelatan besar dilakukan kalangan HR dan disambut dengan antusiasme yang luar biasa. Beberapa <I>event</I> besar pada 2007 misalnya Kongres Assessment Center, HR Expo, dan Seminar Transforming HR into a Business Partner dimana <B>PortalHR.com</B> sebagai salah satu penyelenggaranya. Beberapa <i>event</i> yang merupakan hajatan tahunan itu dari waktu ke waktu menunjukkan pertumbuhan yang pesat. <B>PortalHR.com</B> menjadi saksi betapa HR semakin hari semakin menguatkan eksistensinya.
Kemajuan itu terjadi juga di dalam <B>PortalHR.com</B> sendiri. Sepanjang 2007, kami mengalami peningkatan kunjungan yang cukup signifikan. Tidak sampai satu tahun dari saat <I>grand launching</I> kami Februari, saat ini <I>traffic</I> per bulan kami sudah meningkat lebih dari 2 kali lipat. Bagi kami, hal ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan kalangan HR kepada kami, dan sekaligus itu juga berarti tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan intensitas dalam melayani informasi bagi masyarakat HR di Tanah Air.
Kami harap kemajuan-kemajuan HR tidak hanya terjadi di luar organisasi, tapi justru lebih terasa di dalam organisasi. Sesuai dengan misi kami, <B>PortalHR.com</B> akan senantiasa menjadi mitra kalangan HR dalam upayanya menjadi partner strategis bisnis.
<B>PortalHR.com</B> adalah bantuan yang dapat Anda temui dengan mudah ketika Anda membutuhkannya. Hanya dengan satu klik, Anda bisa mendapatkan berbagai tips, artikel, berita dan data-data yang Anda butuhkan. Data-data seperti <I>job description</I>, berbagai <I>templates form</I> yang mendukung administrasi HR, regulasi ketenagakerjaan, daftar jasa konsultan HR, <I>software</I> HR dan sertifikasi HR tersedia, dan bahkan pada 2008 nanti akan semakin kami lengkapi. Apabila Anda mempunyai pertanyaan, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan para pakar HR yang menjadi pengasuh rubrik Klinik HR.
Dengan begitu, jangan takut dalam menghadapi tantangan yang menjelang pada tahun baru. Anda tidak sendiri. Pada 2008 selain menambahkan banyak fitur dan <I>content</I> baru, <B>PortalHR.com</B> juga mengharapkan semakin banyak partisipasi Anda dalam bentuk sumbangan artikel, pertanyaan konsultasi, komentar, masukan dan saran dan lain-lain demi pengembangan kami di masa mendatang.
Dengan cara ini HR dapat semakin tampil di pentas bisnis, dan juga tampil sebagai pemenang dalam organisasi. Terima kasih atas kunjungan Anda ke <B>PortalHR.com</B>. Selamat Tahun Baru 2008 dan semoga kita semua semakin maju pada tahun yang baru ini!
(Penulis adalah Pemimpin Redaksi <B>PortalHR.com</B>)