Mari Berkarir Di BUMN

“In a world that’s changing so quickly, you’re guaranteed to fail if you don’t take any risk”

Mark Zuckerberg

 

Kutipan di atas saya ambil dari pernyataan Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook, salah satu pendiri jejaring sosial yang paling berpengaruh dalam abad ini mengenai bagaimana di dalam menjalani kehidupan dan mencapai kesuksesan,  seseorang terkadang diharapkan untuk berani mengambil berbagai resiko. Pernyataan tersebut sangatlah beralasan karena sukses dan gagalnya seseorang  di dalam berkarir sebenarnya adalah tanggung jawab masing-masing orang.

Berbicara mengenai karir, saya ingin menggarisbawahi pengertian istilah “karir” dimana jika menyimak pengertian dari berbagai kamus bahasa bahwa karir merujuk kepada “kemajuan yang berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan, belajar dan bekerja seseorang”, sehingga berkarir tentunya mengandung cerita suatu perjalanan perjuangan kemajuan seseorang dalam berkehidupan, belajar dan bekerja.

Seringkali kita mendengar berbagai keluhan dan berbagai nada menyalahkan dari seorang karyawan mengenai bagaimana perusahaan atau atasannya tidak pernah memperhatikan karirnya, dan bagaimana menderitanya si karyawan tersebut di dalam menjalani karir di perusahaannya. Faktanya, dalam padangan saya, seseorang selalu memiliki pilihan untuk kehidupan karirnya meski terkadang pilihan yang harus ia ambil terkadang harus berakhir dengan pahit. Tetapi kegagalan sekalipun adalah merupakan pembelajaran di dalam berkarir.

Dalam berbagai kesempatan diskusi, kami dari PortalHR sering mengangkat isu-isu yang menarik mengenai anak muda dan bagaimana anak-anak muda Indonesia memiliki kesempatan untuk berkarir di berbagai organisasi terkemuka di Indonesia khususnya di berbagai BUMN yang merupakan pilar perekonomian negara.

Kesempatan untuk bertanya mengenai bagaimana kesempatang karir generasi muda di BUMN akhirnya datang juga karena pada suatu kesempatan yang sangat singkat saya kebetulan berkesempatan bertemu dengan Pak Dahlan Iskan Meneg BUMN. Saya mempertanyakan kepada beliau mengenai bagaimana kesempatan anak muda bekerja di BUMN ? mengingat saat ini komposisi generasi muda sudah mulai mendekati angka 50 persen dari total karyawan di seluruh organisasi di Indonesia.

Memperhatikan masih minimnya informasi mengenai bagaimana cerita mengenai tenaga kerja muda Indonesia menjalani jenjang karir di BUMN, maka saya langsung menawarkan ide bagaimana jika kita membuat suatu bentuk acara Career Days di BUMN, dan beliaupun dengan cepat mengamini dan mempersilahkan kami untuk mewujudkan acara tersebut.

Setidaknya ada empat hal penting yang melatarbelakangi acara Career Days ini, pertama tentunya adalah merujuk kepada sangat vitalnya peran strategis BUMN sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia mengingat BUMN mengelola aset negara yang vital dengan besaran mencapai  hampir 3,500 trilyun rupiah. Kedua sudah selayaknya BUMN membuka pintu yang seluas-luasnya kesempatan berkarir kepada generasi muda Indonesia (generasi X dan Y) yang mencapai hampir 52% dari total populasi rakyat Indonesia yang pada tahun 2013 ini mencapai jumlah lebih kurang 250 juta penduduk. Ketiga, sebagai praktisi HR saya seringkali menyimak bahwa tenaga-tenaga muda yang sangat potensial tidak terjaring oleh perusahaan-perusahaan BUMN Indonesia. Keempat, kami mendeteksi adanya ketidaksesuaian antara pergerakan transformasi bisnis perusahaan BUMN Indonesia dengan ketersediaan tenaga kerja lulusan berbagai perguruan tinggi tinggi di Indonesia.

Oleh sebab itu dalam event BUMN career days dan PortalHR Summit yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 s/d 7 Desember mendatang diharapkan kita dapat mendengar secara langsung bagaimana cerita suatu BUMN dapat menjadi wadah atau tempat berkarir seseorang, terutama menjadi bagian dari cerita perjalanan hidup dari anak muda Indonesia hingga menjadi seseorang pimpinan puncak di BUMN Indonesia.

Banyak sekali cerita-cerita yang berkaitan dengan berkarir yang sangat menarik yang kami dapatkan dari beberapa nara sumber di BUMN, diantaranya yang adalah cerita yang sangat menarik dari bincang-bincang kami bersama Ibu Evita M. Tagor, Direktur SDM Pertamina yang menyatakan bagaimana berkarir di Pertamina juga dipengaruhi dengan transformasi organisasi Pertamina yang sedang mengalami transformasi dari perusahaan yang berlatar belakang migas menjadi organisasi Perusahaan Energi Nasional kelas dunia. Artinya kedepannya Pertamina akan juga berkecimpung dalam bisnis didalam berbagai energy terbarukan. Sehingga jika kita bicara mengenai karir akan banyak keahlian-keahlian baru yang akan dibutuhkan oleh Pertamina di masa mendatang. Mulai dari bidang energi terbarukan hingga kemampuan Pertamina untuk dapat melakukan trading energi dalam skala Internasional.

Cerita tidak kalah menariknya datang dari PT Pos Indonesia, dimana saat didirikannya PT Pos, awalnya adalah melakukan pengiriman surat dan tentunya menjual benda-benda pos. Tapi lihatlah bagaimana PT Pos harus bertransformasi di era digital ini karena tentunya sudah sangat sedikit orang yang saling berkirim surat secara tradisional. Dunia komunikasi telah berubah secara drastic menjadi format digital dan lebih personal. Dalam hitungan detik kita sudah dapat berkirim kabar melalui e-mail, sms, bbm, whatsapp bahkan dilengkapi berbagai ekspresi emosi secara personal. Dunia memang sudah berubah sehingga BUMN Indonesia pun tentunya harus berubah.

Akhirnya kami dari PortalHR merasa tidak lengkap jika membuat event akbar mengenai career days di BUMN tanpa mendengar dari sisi bagaimana sebetulnya pandangan, harapan dan berbagai upaya perusahaan BUMN khususnya terhadap permasalahan talent di Indonesia yang diharapkan dapat dapat berkualitas dan memiliki daya saing yang tangguh dalam tingkatan world class global talent mengingat arah persaingan bisnis BUMN yang diharapkan mampu berkompetisi di kelas dunia. Maka bersamaan dengan acara career days kami juga menggelar PortalHR Summit yang kedua dengan tema “Driving Indonesian Competitiveness through Human Capital Management”.

Akhirnya sangat besar harapan kami bahwa acara ini menjadi event akbar yang menjadi jembatan tempat berkumpulnya generasi muda dan manajemen BUMN dengan satu tujuan yang pasti yaitu memajukan perusahaan BUMN Indonesia yang tentu pada akhirnya memajukan perekonomian Indonesia. Saya mengharapkan semua praktisi manajemen khususnya praktisi HR berkesempatan untuk hadir dalam acara ini…. Sampai jumpa di acara BUMN Career Days dan PortalHR Summit 2013 mendatang…!!