Media Sosial Kini Jadi Pilihan Utama Media Rekrutmen

finger-769300_640

Media sosial masih menjadi media yang cukup terkenal untuk melakukan rekrutmen. Hal ini dikemukakan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Society for Human Resource Manager (SHRM) bersama Ascendo Resources. Survey yang dilakukan terhadap 400 orang praktisi HR ini menunjukkan bahwa sebanyak 65% perusahaan di Amerika Serikat memanfaatkan media sosial untuk melakukan rekrutmen.

finger-769300_640

Hasil survey yang dipublikasikan dengan judul The Importance of Social Media for Recruiters and Job Seeker, menunjukkan bahwa lebih dari 57% perusahaan melakukan rekrutmen melalui LinkedIn, sebanyak 30% melalui metode networking dan sisanya sebanyak 19% melalui Facebook. Para praktisi HR menyatakan bahwa sangat penting bagi para job seeker untuk memiliki akun di LinkedIn. Selain itu mereka juga menambahkan bahwa sudah sewajarnya para job seeker dari berbagai macam latar belakang memiliki akun media sosial.

Baca juga: Media Sosial Paling Populer Digunakan untuk Rekrutmen

Para praktisi HR kemudian memberikan peringkat job seeker di bidang mana yang perlu memiliki akun media sosial. Hasilnya sebanyak 82% job seeker di bidang komunikasi, media, dan public relations, sebanyak 79% di bidang marketing and sales, dan sebanyak 76% di bidang periklanan. Sedangkan untuk bidang HR berada di peringkat lima dengan presentasi 58%.

Selain itu hasil survey juga menunjukkan bahwa sebanyak 64% perusahaan melakukan rekrutmen kepada orang luar dengan alasan bahwa mereka membutuhkan pekerja baru dengan cepat (49%).

Baca juga: Facebook Media Rekrutmen Sosial No.1 Dunia

Evren Esen, selaku pemimpin survey, menyatakan bahwa media sosial telah dimanfaatkan dalam praktik bisnis. “Media sosial membantu rekruter mencari kandidat yang pasif, yang mungkin, tidak mencari lowongan pekerjaan yang cara konvensional. Kesulitan untuk mencari kandidat membuat para rekruter memanfaatkan media sosial untuk mencari kandidat yang mereka inginkan,” ungkap Esen. (*)

Tags: , , , ,