6 Fakta yang Perlu Diketahui Job Seeker

keyboard-417090_640

Anda berpikir bahwa inilah saatnya Anda melakukan perubahan pada karir Anda. Namun mencari pekerjaan yang baru tidaklah semudah memutuskannya. Proses pencarian kerja memang membingungkan dan menakutkan. Namun ternyata dengan hanya mengetahui beberapa fakta, Anda bisa melewati hal tersebut. Apa saja fakta tersebut? Simak pemaparannya seperti yang dilansir dari The Muse berikut ini.

keyboard-417090_640

1. Kebanyakan Lowongan Pekerjaan Tidak Dipublikasikan

Tahukah Anda? Ternyata sebanyak 80% lowongan kerja tidak dipublikasikan dan hanya dapat ditemukan melalui networking. Artinya menggali website lowongan pekerjaan tidaklah cukup. Anda perlu menanyakannya pada orang yang tepat.

Pertama-tama buatlah daftar rekan-rekan Anda. Teman sekelas waktu kuliah dulu, teman main jaman ABG sampai rekan kerja yang sudah duluan pergi meninggalkan Anda. Setelah itu cobalah mencari tahu informasi mengenai lowongan pekerjaan di tempatnya bekerja melalui dirinya.

2. Kenali Orang Dalam

Mungkin pekerjaan yang Anda cari terdapat dalam iklan lowongan kerja, namun tetap saja networking memiliki peran yang sangat penting. Dengan banyaknya pelamar, perusahaan tetap bergantung pada networking yang dijalin para pekerjanya. Hal ini dikarenakan perusahaan ingin merekrut seseorang yang sudah cocok dengan pekerja yang sudah ada.

3. Rekruter Tidak Benar-benar Membaca Resume Anda

Rekruter hanya membutuhkan waktu enam detik untuk mereview sebuah resume. Artinya sebuah resume saja tidak cukup membuat Anda mendapatkan panggilan interview, namun sebuah resume yang buruk dapat menghancurkan kesempatan Anda untuk dipanggil interview. Resume Anda perlu untuk mudah dibaca dan ditangkap intinya. Perhatikan spelling dalam resume Anda sebelum para rekruter mengernyitkan dahinya dan membuang resume Anda.

4. Ingat! Ratusan Orang Juga Melamar Posisi yang Sama

Tahukah Anda bahwa satu iklan lowongan pekerjaan akan menghasilkan 250 pelamar yang mengirimkan resume mereka. Dengan mengetahui fakta ini, Anda mungkin akan berpikir dua kali sebelum resume Anda bertanding dengan 249 resume lainnya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu meyakinkan diri Anda apakah Anda benar-benar menginginkan posisi tersebut ataukah tidak. Karena jika tidak, Anda tidak akan cukup termotivasi untuk membuat resume Anda lebih menonjol dibandingkan 249 resume lainnya.

5. Bersabarlah

Setidaknya dibutuhkan waktu 52 hari untuk mengisi satu lowongan pekerjaan. Dengan kata lain, ini bukanlah proses yang cepat. Hal ini perlu Anda ingat ketika Anda melihat adanya iklan lowongan pekerjaan. Setidaknya berikan waktu beberapa hari untuk Anda merapikan resume Anda sebelum mengirimkannya. Perlu Anda ingat pula ketika Anda menunggu kabar setelah proses interview berlangsung. Kesabaran adalah kuncinya.

6. Perbaiki Alamat Email Anda

Perlu Anda ketahui bahwa sebanyak 76% resume diabaikan hanya karena alamat email yang mengirim tidak terlihat professional. Terdengar sangat luar biasa bukan? Namun hal baiknya, jika Anda menggunakan alamat email yang professional setidaknya Anda mengurangi saingan Anda dari 249 orang yang melamar di posisi sama. (*)