Survei: Trend Telecommuting, 83% Karyawan Bekerja Secara Remote

telecommuting-infographic

UNTUK kondisi lalu lintas seperti Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia pada umumnya, wacana bekerja secara telecommuting menjadi sangat relevan. Secara rinci memang belum ada penelitian berapa besarnya biaya yang bisa dihemat jika karyawan tidak menghabiskan harinya dengan terjebak di jalanan. Namun begitu, survei di luar negeri ini pantas untuk disimak.

Wacana bekerja dari rumah terus meningkat, dan tampaknya kini lebih banyak perusahaan mempercayai karyawan mereka untuk menjadi lebih produktif dengan berkantor di rumah mereka sendiri ketimbang mereka harus berada di tempat kerja secara konvensional. Adalah Wrike, sebuah perusahaan yang membuat perangkat lunak kolaborasi yang belum lama ini melakukan survei dengan melibatkan 1.074 responden, untuk menggali informasi tentang bekerja dari rumah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa telecommuting adalah jauh lebih umum dari yang kita duga. Bahkan, 83% responden mengatakan mereka bekerja secara remote (jarak jauh. Seperti dilaporkan oleh Charlie White di Mashable, bekerja dari rumah bukan untuk semua orang, tetapi bagi banyak dari kita, ternyata jauh menjadi lebih produktif – terutama ketika melakukan kegiatan yang sangat terkonsentrasi seperti menulis, mengedit dan meneliti – daripada di ruangan yang penuh dengan rekan-rekan tercinta.

Berikut ini ada infographic yang mencoba memberikan gambaran bagaimana fenomena telecommuting. Apakah Anda percaya telecommuting akan menjadi lebih jamak dalam beberapa tahun mendatang? (@erkoes)

Tags: , , ,