Semua Hal Tentang Tidur, Apakah Itu?

better-sleepsmall

Tahukah Anda bahwa ternyata para pekerja di Amerika ‘hanya’ tidur selama 7 jam setiap harinya. Padahal menurut rekomendasi para dokter, waktu tidur yang cukup adalah 8 jam per harinya.

better-sleepsmall

Tidur lebih lama dan lebih berkualitas tentu saja, dapat mengurangi tingkatan stress, meningkatkan daya ingat, mencegah depresi, meningkatkan kewaspadaan bahkan menurunkan berat badan. Namun ternyata tidak semua orang mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya.

Baca juga: 4 Siklus Tidur yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu penyebab kurang tidur adalah makanan yang Anda konsumsi. Sebelum tidur hindarilah mengkonsumsi makanan yang pedas dan terlalu banyak mengandung gula. Mengkonsumsi teh hangat ataupun yoghurt sebelum tidur dapat membuat Anda merasa rileks sehingga dapat tidur lebih cepat dan tentu saja lebih berkualitas.

Jika Anda merasa semalam kurang tidur, Anda bisa melakukan tidur siang selama 10-20 menit di antara jam 1 siang sampai jam 4 sore. Tidur siang selama beberapa menit ternyata dapat memberikan dampak yang cukup besar. Tidur siang sejenak dapat membuat Anda lebih waspada, meningkatkan produktivitas sebesar 30% bahkan mengurangi stress dan resiko penyakit jantung hingga 34%.

Baca juga: Kurang Tidur Tingkatkan Produktivitas, Kok Bisa?

Anda tidak perlu merasa malu jika dilihat rekan kerja Anda tertidur di atas keyboard komputer, karena banyak orang terkenal yang melakukan hal yang sama. Johannes Brahms, komposer musik dan pianis asal Jerman, ternyata menemukan inspirasi bagi komposisi musiknya setelah tertidur sejenak di atas pianonya.

Bahkan Napoleon sekalipun pernah tertidur sejenak di atas kudanya saat sedang perang. Jadi Anda tidak perlu malu jika tertangkap rekan kerja sedang tertidur di meja kerja Anda.

Berikut infografik tentang tidur.

better-sleep