Pengangguran Di Dunia 2015, Naik Tipis Jadi 13.1%

pengangguran di dunia

Pengangguran memang tidak hanya menjadi masalah di Indonesia, namun juga menjadi masalah secara global. Berdasarkan laporan terbaru yang diterbitkan oleh International Labour Organization (ILO), angka pengangguran pada tahun 2015 mencapai 13.1%. Angka ini menunjukkan grafik yang relatif datar dalam empat tahun terakhir, namun tetap merangkak naik.

pengangguran di dunia

Yang cukup melegakan, menurut ILO, angka pengangguran meningkat karena banyaknya anak muda yang melanjutkan sekolahnya. Hal ini menyebabkan menyusutnya jumlah tenaga kerja. Anak muda yang menjadi sasaran ILO adalah remaja yang berusia antara 15-24 tahun.

ILO menyatakan bahwa pendidikan menjadi faktor utama tingginya angka pengangguran namun tidak menutup kemungkinan hal lain juga berpengaruh. Sebanyak 31% masyarakat dari negara yang memiliki pemasukan rendah ternyata tidak memiliki latar belakang pendidikan. Sedangkan di negara dengan pemasukan menengah sebanyak 6% dan sebanyak 2% di negara dengan pemasukan menengah ke atas.

Baca juga: Pengangguran Intelektual Meningkat

Bagaimana dengan di Indonesia? Di Indonesia sendiri angka pengangguran mencapai 7.5% pada Maret 2015. Hal ini diungkapkan berdasarkan hasil yang diterbitkan oleh Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) pada semester pertama tahun ini. Angka ini meningkat 0.4% dibandingkan pada tahun sebelumnya. Menurut INDEF, meningkatnya angka pengangguran ini disebabkan antara lain menurunnya pertumbuhan ekonomi pada semester pertama tahun ini, tingginya tingkat inflasi pada bahan makanan dan gagalnya program yang disusun oleh pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat.(*)