Panduan Wawancara untuk Introvert

panduan wawancara bagi introvert1

Tahap wawancara memang kerap kali menjadi momok bagi para jobseeker. Terlebih lagi bagi mereka yang introvert. Orang introvert kerap kali dilabeli sebagai orang yang pemalu, sensitive, dan lebih suka sendiri. Padahal mereka hanya ingin menjalankan sesuatu sesuai dengan cara yang mereka inginkan.

panduan wawancara bagi introvert1

Jika Anda orang yang introvert, tidak perlu malu! Bahkan Albert Einstein dan Bill Gates pun adalah orang yang introvert.

Menjadi orang introvert memiliki kelebihannya tersendiri. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara menggunakan kelebihan tersebut, terutama dalam proses wawancara. Sebelum wawancara ada baiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu. Tidak hanya memperdalam pengetahuan mengenai perusahaan yang dituju namun juga rencanakan perjalanan menuju lokasi wawancara. Hal ini berguna untuk menghindari stress yang tidak perlu.

Saat proses interview berlangsung, tidak perlu tegang dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Ambillah waktu sejenak untuk memikirkan pertanyaan sebelum mengemukakan jawaban Anda. Jika Anda terlalu sibuk memikirkan jawaban Anda pada pertanyaan sebelumnya dan Anda kehilangan fokus Anda, tidak perlu ragu untuk bertanya kembali mengenai pertanyaan yang diajukan.

Setelah proses interview selesai, Anda bisa menenangkan diri Anda dengan mendengarkan lagu-lagu favorit Anda. Saat sudah sampai di rumah, kirimkan emai follow up untuk membangun kesan yang baik dengan pewawancara.

Informasi lebih lengkap pengenai panduan wawancara bagi para introvert bisa Anda simak lebih lengkap dalam infografik berikut ini.

panduan wawancara bagi introvert