Kantor Jadi Sumber Penyakit, Bagaimana Bisa?

YourOfficeisMakingYouSickHeresHowtoFixItInfographic-thumb

Anda sudah makan makanan sehat, istirahat cukup dan juga berolahraga namun masih juga mudah sakit? Jangan-jangan kantor Anda termasuk dalam kategori ‘sick buildings’. Menurut Environmental Protection Agency, satu dari empat bangunan di Amerika (25%), baik yang baru ataupun lama, dapat dikategorikan sebagai ‘sick buildings‘. Terdapat beberapa hal yang menjadi indikator ‘sick buildings‘ yaitu ventilasi udara yang buruk, kurangnya kesadaran para pengguna gedung untuk mencuci tangan, dan ditemukannya bahan kimia di karpet ataupun furnitur kantor.

office-1094825_640

Kantor harusnya menjadi tempat yang bersih dan sehat, karena sepertiga dari waktu Anda setiap harinya dihabiskan di kantor. Jika kantor tidak bersih, maka akan mudah bagi kuman, bakteri ataupun virus untuk berkembang dan menyebar. Perlu Anda ingat bahwa hanya kurang dari empat jam bagi virus untuk menyebar ke 50% pengguna  bangunan perkantoran.

Baca juga: Bagaimana Virus Menyebar Cepat di Kantor?

Tidak hanya virus, kualitas udara yang Anda hirup di kantor pun dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Mulai dari Perflourinate chemicals (PFCs) yang menempel pada furnitur kantor, kadar karbon dioksida yang tinggi, sampai karbon monoksida yang memasuki udara dalam kantor. PFCs yang menempel pada furnitur kantor akan mengeluarkan formaldehyde yang bersifat karsinogetik. Zat ini kemudian akan terserap dalam aliran darah Anda.

Menghirup formaldehyde dalam jangka pendek bisa membuat asthma dan alergi. Sedangkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker bahkan kemandulan. Kadar karbon dioksida yang tinggi disebabkan karena terlalu banyak orang dan buruknya ventilasi udara. Sedangkan karbon monoksida yang berasal dari asap buangan kendaraan disebabkan sistem saluran udara yang buruk.

Baca juga: Waspadai Keyboard Jauh Lebih Kotor daripada Toilet Seat!

Meskipun terdengar menyeramkan namun bukan berarti Anda tidak bisa mengantisipasinya. Rajin mencuci tangan, membersihkan meja kerja, menempatkan tanaman di ruang kerja, pergi keluar ruangan kantor selama 15 menit dan memperbaiki ventilasi udara dapat membuat ruang kantor Anda lebih sehat. Baca juga tips-tips lainnya melalui infografik di bawah ini.

YourOfficeisMakingYouSickHeresHowtoFixItInfographic-thumb