Jika Anda Kurang Tidur, Coba Ikuti Panduan Kerja Ini

15 nov 15-Panduan waktu bekerja

Disadari atau tidak, ketika Anda bekerja sampai larut malam atau sekedar menghabiskan waktu untuk menyelesaikan serial televisi favorit, sebetulnya Anda telah membuang waktu yang berharga untuk beristirahat. Pada pagi harinya Anda kemudian harus berusaha keras hanya untuk bangun dari tempat tidur dan berjanji tidak akan melakukannya lagi (meskipun sepertinya akan dilakukan lagi).

macro-800236_640

Jika itu tetap terjadi, Anda tak perlu khawatir akan rasa kantuk yang menyerang selama seharian. Business Insider menyusun infografik berisi panduan apa saja yang harus Anda lakukan setiap jamnya untuk mengalahkan rasa kantuk dan dan tetap menampilkan performa kerja yang baik.

Saat bangun tidur hindarilah untuk menekan tombol snooze. Tombol snooze tidak memberikan Anda jam tidur ekstra, namun hanya membuat Anda lebih lelah dan terlambat. Minumlah kopi dan makan sarapan yang mengandung gandum utuh, protein dan buah-buahan.

Sinar matahari baik bagi tubuh Anda. Buatlah diri Anda terpapar sinar matahari. Sesampainya di kantor, kerjakan tugas yang paling penting terlebih dahulu. Jika Anda memiliki jadwal meeting, alangkah baiknya jika Anda menjadwalkan ulang di hari lain.

Kemudian pada saat makan siang, hindarilah makanan yang ‘berat’ seperti junk food ataupun daging-dagingan. Konsumsilah makanan yang ‘kecil’ seperti salad sayuran ataupun buah. Semakin berat jenis makan siang Anda, rasa kantuk justru akan cepat menyerang.

Usahakan untuk mencuri-curi waktu untuk sekadar tidur siang selama 20 menit. Tidur siang selama 20 menit dapat membuat Anda mengisi tenaga sejenak hingga jam kantor berakhir. Berikut ini panduannya dalam bentuk infografik.

15 nov 15-Panduan waktu bekerja