Ini Dia Panduan Jadi Peminum Kopi yang Pintar

Idiots-guide-to-coffee-2

Tahukah Anda jam berapa waktu yang tepat minum kopi? Percaya atau tidak, ternyata kebanyakan orang mengkonsumsi kopi pada jam yang salah. Hal ini diungkapkan oleh Brendan Brown, kontributor Art of Wellbeing.

man-791049_640

Perlu Anda ingat bahwa tubuh Anda memiliki hormon kortisol yang membuat Anda waspada dan terjaga. Jangan sampai jadwal minum kopi Anda bertabrakan dengan jadwal tubuh membentuk kortisol. Hal ini dikarenakan akan membuat kopi yang Anda konsumsi menjadi percuma.

Dan, waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi adalah antara pukul 10.00-11.30 dan pukul 14.00-17.00. Pada jam-jam tersebut level kortisol dalam tubuh berada dalam tingkat terendah, sehingga tubuh Anda membutuhkan kafein.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Sehari Tanpa Media Sosial Dibandingkan Tanpa Kopi?

Selain waktu yang tepat, Anda juga perlu mengetahui berapa banyak kafein yang dikonsumsi. Bagi orang dewasa maksimal konsumsi kafein per harinya adalah 400mg, dan berdasarkan hasil penelitian, hanya dengan 200mg kafein dapat meningkatkan daya ingat. Itupun, asalkan Anda mengkonsumsinya setelah proses belajar berakhir.

Terlalu cepat mengantuk terkadang memang membuat kesal. Anda pun memutuskan untuk menyeduh kopi untuk menghilangkan kantuk. Namun apa yang Anda lakukan setelah mengkonsumsi kopi? Kembali melanjutkan aktivitaskah? Bagaimana jika Anda tidur sejenak sebentar? Kafein membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit untuk memunculkan efeknya. Setelah Anda terbangun, efek kafein akan bekerja dan Anda akan lebih waspada.

Baca juga: Di Inggris WiFi Lebih Penting Ketimbang Kopi

Kafein merupakan stimulan sehingga memiliki efek samping. Produktivitas Anda memang akan meningkat namun akan menurunkan sedikit kreativitas Anda. Berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan yang meningkatkan kreativitas bukanlah konsumsi kafein, namun noise yang ada di kedai kopi. Selain meningkatkan produktivitas, mengkonsumsi kafein juga meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu efeknya juga dapat membuat Anda lebih bersemangat dalam berolahraga.

Masih ada informasi lain untuk menjadi peminum kopi yang pintar. Simak dalam infografik berikut ini.

Idiots-guide-to-coffee-2