[Infografik] Apa yang Dilakukan di Kantor Selain Bekerja?

Wasted-time-at-work-infograph

Akuilah bahwa tidak setiap menit di kantor Anda habiskan untuk bekerja. Biz 3.0 and Time Doctor mencari tahu, apa saja yang dilakukan setiap orang di kantor ketika tidak melakukan pekerjaan mereka untuk sesaat.

Dan jawabannya adalah….. 48% pekerja berselancar di internet, 33% berbincang dengan rekan kerja, 30% mengurusi urusan pribadi mereka, 19% menelpon bukan untuk urusan pekerjaan dan 15% berisitirahat makan siang lebih lama.

Sebanyak 40% responden mengemukakan bahwa berselancar di internet dapat menghilangkan produktivitas mereka jika tidak ada relevansinya dengan pekerjaan. Lebih dari 30% responden merasa bahwa hal itu wajar untuk dilakukan. Lalu, bagaimana perusahaan menghadapi hal ini?

Baca juga: Infografik: Survei Gaji dan Tren Pasar Tenaga Kerja 2012

Salah satu caranya adalah dengan melarang penggunaan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Sebanyak 50% perusahaan melakukan hal ini. Namun ada juga yang mempergunakan pendekatan lain, yakni dengan memonitor aktivitas online mereka dengan mempergunakan software. Meskipun hal ini terdengar illegal, namun hal ini dapat terlihat baik jika Anda mengetaui do and donts-nya.

Tidak hanya jejaring sosial, email juga dapat menghabiskan waktu para karyawan. Ditemukan bahwa 7 dari 10 karyawan mengecek email pribadi mereka saat di tempat kerja. Sebanyak 15% responden mengakui bahwa mereka pernah meng-email informasi yang bersifat rahasia. Bahkan 6% di antaranya pernah meng-emailkan data pribadi pelanggan. Cukup menyeramkan bukan?

Lalu, bagaimana tindak lanjut Anda sebagai manager dalam menghadapi situasi ini? Melarang karyawan untuk mempergunakan internet kantor untuk urusan personal tidak akan digubris. Jurnal Computers in Human Behavior mengemukakan bahwa kebijakan untuk mencegah ‘cyberloafing’ tidak akan efektif kecuali benar-benar dipaksakan. Faktanya, peneliti menemukan bahwa 60-80% pekerja yang menghabiskan waktu untuk berselancar di internet karena pekerjaan mereka telah selesai.

Ancaman pemecatan dan software untuk memonitor mungkin dapat membuat mereka patuh pada peraturan. Namun cara terbaik adalah membiarkan mereka tahu bahwa mereka perlu disiplin dan bijak dalam mempergunakan fasilitas internet di kantor dan tidak mempergunakannya untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan kantor.

Simak infografik selengkapnya di bawah ini:

Wasted-time-at-work-infograph

 

Baca juga: Infografik: 2011, Social Recruitment Meningkat Drastis

Tags: ,