Bisakah Kepuasan Kerja Diukur Berdasarkan Tipe Kepribadian?

Bisakah Kepuasan Kerja Diukur Berdasarkan Tipe Kepribadian

Dapatkah kepribadian Anda menentukan seberapa banyak pemasukan yang Anda dapatkan, atau berapa banyak orang yang akan Anda pimpin atau bahkan seberapa Anda mencintai pekerjaan Anda? Jawabannya tentu saja bisa.

person-835453_640

(sumber image: pixabaycom)

Truity Psychometrics, telah melakukan survey terhadap lebih dari 25.000 partisipan seputar karir dan kepribadian mereka. Topik yang diangkat adalah mengenai kepuasan kerja, pemasukan dan self-employment.

Hasil survey ini kemudian dibuat dalam bentuk grafik yang menggambarkan 16 tipe kepribadian yang berbeda berdasarkan Teori Myers-Briggs atau familiar disebut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Bagaimana hasilnya? Simak pemaparannya berikut ini.

Seseorang dengan kepribadian ENTJ (The Commander/The Executive) ternyata memiliki pemasukan dengan rata-rata yang paling besar. Sedangkan sebaliknya, kepribadian ISTP (The Craftsman/The Mechanic) memiliki pemasukan dengan rata-rata yang kecil.

Mengenai kepuasan kerja, dari skor 1 sampai 5, seseorang dengan kepribadian ESFJ (The Provider/The Caregiver) dan ENFJ (The Teacher/The Giver) ternyata mendapatkan skor 4. Dalam artian mereka yang memiliki kepribadian ESFJ dan ENFJ merasa cukup puas dengan pekerjaan mereka.

Lalu sebagai seorang pemimpin, ENTJ dikenal sebagai the natural born leaders. Tidak heran dalam grafik supervisees, ENTJ menduduki peringkat paling atas. Informasi lebih lengkapnya bisa Anda simak dalam infografik di bawah ini.

Bisakah Kepuasan Kerja Diukur Berdasarkan Tipe Kepribadian