5 Aktivitas untuk Menajamkan Otak

20151102063854-5-hobbies-make-you-smarter-infographic

Otak sama halnya dengan otot. Untuk membuat badan Anda lebih berotot Anda harus melatihnya. Sama halnya dengan otak. Untuk membuat Anda lebih ‘berotak’ alias lebih cerdas, Anda harus melatihnya.

brain-484539_640

Berdasarkan studi yang pernah dilakukan sebelumnya, melatih otak secara teratur dapat meningkatkan skor IQ. Ketika Anda mempelajari hal baru, gray matter dalam otak Anda akan berkembang.

Puzzle dan Sudoku merupakan dua permainan yang dikenal sebagai aktivitas yang paling ampuh untuk menajamkan otak dan mengembangkan neuroplastisitas otak. Namun ternyata, pilihan aktivitas untuk menajamkan otak tidak hanya itu. Berolahraga secara teratur ternyata dapat juga menajamkan otak. Berolahraga tidak hanya untuk mengembangkan fisik namun juga memori jangka panjang dan memori untuk merekognisi objek.

Baca juga: 8 Cara untuk Tingkatka Fungsi Otak

Selain berolahraga, bermain video games ternyata dianggap ampuh untuk menajamkan otak. Bermain video games selama 30 menit terbukti dapat meningkatkan kemampuan perencanaan strategis, navigasi spasial, keterampilan motorik, dan masih banyak lagi.

Masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di waktu luang untuk menajamkan otak Anda. Informasi lebih lengkapnya bisa Anda simak dalam infografik berikut ini.

20151102063854-5-hobbies-make-you-smarter-infographic