20 Langkah Agar Komunikasi Lebih Efektif

child-1822471_640

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif merupakan skill yang krusial untuk dimiliki oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan komunikasi merupakan kunci dari segalanya. Komunikasi dapat mengarahkan pada kesuksesan maupun kegagalan, membangun atau menghancurkan relasi, organisasi ataupun perjanjian.

child-1822471_640

(Credit image: Pixabay.com)

Komunikasi yang buruk nyatanya dapat menurunkan produktivitas, kepercayaan dan moral. Sebaliknya, komunikasi yang baik dapat membangun relasi, iklim kolaborasi dan meningkatkan produktivitas.

Meskipun semua orang tahu bahwa komunikasi efektif adalah hal yang krusial, namun nyatanya, tidak semua orang paham bagaimana caranya berkomunikasi secara efektif. Untuk berkomunikasi secara efektif, Anda perlu memahami bahasa yang Anda pergunakan, nada suara hingga bahasa tubuh yang Anda tunjukkan saat berbicara.

Terdengar sederhana ya, namun nyatanya banyak hal-hal kecil yang kerap kali terlupakan. Seperti menjaga eye contact dengan lawan bicara, tersenyum dan menggangguk selama berbincang dengan lawan bicara, dan sebagainya.

NetCredit telah merangkum 20 langkah untuk berkomunikasi lebih efektif dalam pekerjaan. Apakah saja kah langkah-langkahnya? Simak pemaparan lebih lengkapnya dalam infografik berikut ini.

20-Ways-to-Communicate-Better-at-Work-DV2