Suka Mengoleksi Komik? Ada Pelajaran yang Bisa Dipetik untuk Bisnis

Apakah Anda suka mengoleksi komik? Jika Ya, Anda tidak perlu malu. Chuck Cordray, selaku CEO Inlet, juga memiliki hobi yang sama. Sejauh ini Cordray sudah memiliki lebih dari 20.000 komik yang telah dikumpulkannya selama 45 tahun. Komik yang dikoleksinya pun beragam, favoritnya adalah komik superhero Superman dan Batman.

Menurutnya membaca komik bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, namun juga memberikannya pelajaran berharga mengenai bisnis yang kemudian membantunya dalam kehidupan pekerjaannya. Lalu pelajaran apa yang bisa diambil dari mengoleksi komik? Simak pemaparannya di bawah ini seperti yang dilansir dari Entrepreneur.com.

1. Lakukan apa yang Anda sukai, meskipun orang lain tidak

Jika Anda suka mengoleksi komik, tidak perlu malu dan menutup-nutupinya dari orang lain. Cordray mengungkapkan bahwa komik koleksinya tersebut menjadi jauh lebih berharga dibandingkan saat ia masih kecil. “Akan muncul rasa apresiasi yang tinggi bagi suatu hal yang Anda kembangkan seiring berjalannya waktu,” tulis Cordray. Dalam bisnis artinya tetaplah bertahan pada ide yang Anda sukai, meskipun orang lain tidak menyukainya. Tetaplah berkomitmen dengan pilihan Anda sampai akhirnya membuahkan hasil dan orang lain meyakini ide yang Anda miliki.

Baca juga: 3 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kegagalan

2. Berevolusi

Dulu komik hanyalah berupa komik. Namun sekarang Anda bisa menyaksikan Superman ataupun Batman di televisi, film bahkan permainan online. Hal ini menunjukkan bahwa komik pun bisa berevolusi, begitupula bisnis Anda. Dalam bisnis mengerjakan hal yang sama terus menerus akan membuatnya stagnan, entah itu kemampuan Anda ataupun produk yang dihasilkan perusahaan. Carilah hal baru dan kembangkan hal tersebut. Sesuaikan dengan kemajuan teknologi. Berevolusi artinya bertahan, entah itu manusia ataupun bisnis.

3. Permasalahan tim

Terdapat beberapa superhero yang bekerja sama dalam tim. Mereka bekerja sama untuk melawan musuh yang mengancam keamanan kota. Sama halnya dengan bisnis Anda. Cari dan bangunlah tim yang Anda yakini dapat berjuang bagi perusahaan Anda.

4. Susun dengan baik, secara digital

Cordray menyatakan bahwa jika ia tidak menyusun koleksi komiknya dengan baik bisa saja ia membeli komik dengan judul yang sama. Atau ia terlalu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari judul yang ia inginkan. Hal ini tentu saja akan membuang-buang uang dan waktu. Solusinya Cordray menyusun setiap koleksinya dengan rapi secara digital. Cordray memiliki koleksi komik di ponselnya, komputer dan cloud pribadinya. Dalam bisnis perlu diingat bahwa konsumen perlu mengakses apa yang mereka inginkan ketika mereka membutuhkannya dalam alat apapun. Pada masa kini semuanya bisa dilakukan lewat smartphone. Mobile-first adalah pemikiran yang harus Anda ingat betul pada masa kini.

5. Fokus

Kecintaan Cordray terhadap komik adalah bagian dari dirinya. Ia membutuhkan usaha dan fokus dalam mengoleksinya. Sama halnya dengan perusahaan yang ia pimpin. Ia memfokuskan pada kompetensi yang dimiliki perusahaannya. Fokus dalam mengerjakan satu hal akan lebih menguntungkan dibandingkan saat mengerjakan beberapa hal.

“Kedisiplinan, kesabaran dan rasa humor merupakan kualitas yang membantu saya dalam menjalankan bisnis dan hobi saya. Jika Anda bisa mengikuti apa yang Anda sukai, dengan semangat dan fokus, maka kesuksesan pun akan mengikuti,” tulis Cordray di akhir tulisannya.

Baca juga: 4 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Si Malas

Tags: