Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Ngopi di Pagi Hari

3026642-inline-i-1-best-time-to-drink-coffee-infographic

Secangkir kopi hitam hangat di pagi hari mungkin adalah hal baik untuk memulai hari. Apakah Anda melakukan hal yang sama? Tenang, Anda tidak sendiri karena 60% orang Amerika juga memulai hari mereka dengan mengkonsumsi secangkir kopi.

Namun terdapat beberapa fakta menarik berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Steven Miller, seorang PhD di Uniformed Services University of Health Sciences di Bethesada. Fakta menarik ini dirangkum oleh Ryoko Iwata, pencinta kopi asal Jepang dalam inforgrafik blog-nya yang berjudul I Love Coffee. Berikut pemaparannya yang kami rangkum dari majalah Fast Company.

Setiap individu mengalami reaksi yang berbeda terhadap kafein. Selain itu, tubuh kita dilindungi oleh siklus hormon selama 24 jam yang sering disebut sebagai circadian clock. Salah satu hormon yang terdapat dalam clock control ini yaitu kortisol, yakni hormon yang membuat kita tetap terjaga dan siaga. Waktu produksi kortisol biasanya berkisar pada jam 8 dan 9 pagi. Jika Anda seringkali meminum kopi pada jam ini, artinya Anda mengkonsumsi kafein pada saat tubuh Anda sedang memproduksinya secara alami.

Mengkonsumsi kopi pada saat tubuh memproduksi kafein tidak hanya mengurangi efek energy-boosting kafein,tetapi juga membuat tubuh Anda kebal terhadap hal itu. Maksudnya efek kefein alami tubuh akan berkurang seiring berjalannya waktu. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengatur waktu mengkonsumsi kafein agar tidak bersamaan dengan waktunya tubuh Anda memproduksi kafein alami. Berdasarkan infografik tersebut diketahui bahwa jadwal produksi alami kortisol tubuh yaitu pada pukul 8 sampai 9 pagi, 12 sampai 1 siang, dan 5.30 sampai 6.30 sore. Artinya waktu tepat untuk mengkonsumsi kopi yakni sekitar pukul 9.30 sampai 11.30 dan pukul 1.30 sampai 5 ketika kadar kortisol dalam tubuh kita rendah.

Namun bagaimana dengan Anda yang terbangun sebelum pukul 5 dan mengkonsumsi kopi pertama mereka sebelum pukul 8? Meskipun pelepasan kortisol biasanya dikontrol oleh cahaya matahari namun kadar kortisol akan meningkat sekitar 50% saat Anda terbangun. Bahkan mereka yang bangun kelewat pagi pun tidak membutuhkan kafein saat bangun tidur, namun akan lebih menguntungkan jika ia mengkonumsi kafein pertama kali satu jam setelah terjaga.

Infografik lain: Kebijakan Cuti Melahirkan di beberapa negara 

3026642-inline-i-1-best-time-to-drink-coffee-infographic

 

Infografik lain: Apa sih sebenarnya yang membuat karyawan happy?

Tags: