5 Cara Menikmati Waktu Libur dengan Efektif

Holiday

Setelah menghadapi deadline bertubi-tubi, akhirnya Anda mendapatkan waktu libur Anda. Selamat! Waktu libur Anda merupakan waktunya merawat diri Anda. Tidak hanya sekedar membuat Anda rileks, namun juga untuk mengembalikan energi Anda yang telah terbuang agar lebih semangat untuk bekerja.

Holiday

Selama menghadapi deadline, tanpa disadari Anda melupakan aktivitas-aktivitas lain yang membuat Anda merasa berdosa. Mengerjakan pekerjaan rumah, menghabiskan waktu dengan keluarga ataupun berbelanja keperluan rumah, adalah contoh aktivitas yang ingin Anda lakukan saat waktu libur.

Namun ternyata terlalu mendedikasikan waktu libur Anda untuk melakukan aktivitas tersebut pada akhirnya tidak membuat Anda merasa rileks. Hal ini disebabkan adanya rasa tertekan dalam diri Anda yang akan muncul jika aktivitas tersebut tidak dapat Anda bayarkan.

Lalu, bagaimana caranya menikmati waktu libur Anda dengan efektif? The Muse memberikan pemaparannya untuk Anda.

1) Lakukan yang diprioritaskan terlebih dahulu

Ya memang, aktivitas yang dilakukan pada saat libur pun perlu diberikan prioritas. Prioritaskan apa yang ingin Anda lakukan. Melakukan pekerjaan rumah dulukah, atau berbelanja kebutuhan rumah. Jangan sampai kedua aktivitas tersebut menyita waktu libur Anda terlalu banyak sehingga membuat Anda merasa tidak beristirahat.

Baca juga: Pentingnya Libur Bagi Pekerja

2) Buatlah ketenangan Anda sendiri

Kehidupan di kantor memang berisik. Meskipun Anda memiliki ruangan kerja sendiri atau terbiasa menggunakan headphone sekalipun, kehidupan kerja memang penuh dengan gangguan. Maka dari itu penting bagi diri Anda untuk mendapatkan ketenangan pada saat hari libur Anda. Membaca buku ataupun berkebun merupakan aktivitas yang bisa membuat Anda merasakan ketenangan.

3) Gerakkan badan Anda

Ketika waktu libur rasanya Anda hanya ingin seharian tidur di kasur ataupun terduduk di depan televisi. Padahal selama Anda bekerja, Anda menghabiskan waktu terlalu lama untuk duduk di depan komputer. Lalu apa bedanya aktivitas Anda di kantor dan di rumah? Bangun dan gerakkanlah badan Anda! Tidak perlu pergi ke gym, Anda bisa berjalan-jalan ataupun melakukan jogging di sekitar rumah Anda.

Baca juga: Cuti Libur Membuat Karyawan Lain Sebal, Kok Bisa?

4) Tidur seperti biasanya

Hari libur bukan berarti Anda bisa tidur lebih terlamat dari biasanya. Biasakan untuk tidur pada jam yang sama setiap harinya, termasuk hari libur. Hal ini untuk mencegah Anda bangun terlambat keesokan harinya dan pada akhirnya akan mengacaukan minggu kerja Anda.

5) Lakukan aktivitas yang lebih membuka pikiran Anda

Melakukan kegiatan volunteer bersama komunitas, membantu memasak di dapur merupakan aktivitas yang mungkin tidak biasa Anda lakukan selama hari kerja. Melakukan aktivitas yang tidak biasanya Anda lakukan akan membuat pikiran Anda lebih terbuka. Akan ada banyak pelajaran yang bisa Anda ambil dan aplikasikan bagi pekerjaan Anda di minggu berikutnya. (*)