15 Makanan yang Baik Bagi Otak

berries

Setiap makanan memberikan dampak yang berbeda pada tubuh Anda. Ada makanan yang membuat mengantuk, ada pula makanan yang membuat Anda menjadi lebih fokus sehingga lebih produktif dalam bekerja. Terdapat beberapa makanan yang sangat baik bagi kesehatan otak. Makanan ini juga membantu proses mental seperti negosiasi, ketekunan, dan fokus menjadi lebih baik. Lalu, apa saja makanan tersebut? The Muse memberikan pemaparannya bagi Anda.

1. Kelompok Berry, seperti strawberry, blueberry, dll

berriesBerdasarkan hasil penelitian terbaru, buah berwarna gelap ini adalah makanan terbaik yang dapat melindungi otak dari penuaan. Melindungi otak Anda dari penuaan artinya Anda menjaga daya ingat dan fungsi otak Anda yang lainnya pula.

2. Pisang

Satu buah pisang memiliki kandungan glukosa yang diperlukan oleh otak selama satu hari penuh. Sarapan dengan satu buah pisang setiap harinya dapat membuat daya ingat Anda lebih tajam dan berfungsi lebih baik.

Baca juga: 5 Camilan Sehat untuk di Kantor

3. Telur

Vitamin B yang terdapat dalam telur dapat meningkatkan daya ingat dan waktu reaksi Anda. Sebutir telur mata sapi pada pagi hari dapat membuat Anda fokus selama satu hari.

4. Salmon

Daging ikan salmon memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi fungsi otak. Omega 3, protein, vitamin B dan zat besi adalah zat-zat yang membantu meningkatkan daya ingat, membangun fokus dan mendukung penalaran seseorang.

5. Terong

Nutrisi yang terkandung dalam terong dapat membuat otak lebih tajam dengan meningkatkan fungsi komunikasi antara sel otak dengan jaringan pengantar informasi. Fungsi ini dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi terong beserta dengan kulitnya.

6. Bayam

Bayam dapat menurunkan kemungkinan penurunan fungsi otak. Selain itu kandungan dalam bayam dapat meningkatkan kapasitas belajar dan daya ingat. Bonusnya jika Anda rajin mengkonsumsi bayam adalah dapat mengurangi racun dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena bayam mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

7. Gandum

Roti ataupun sereal yang dibuat dengan gandum utuh dapat meningkatkan kandungan folat dalam tubuh dibandingkan makanan lain. Folat meningkatkan produksi darah ke otak sehingga dapat meningkatkan produktivitas Anda.

8. Walnut

Mengkonsumsi kacang walnut dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak, sehingga dapat mengontrol mood dan selera Anda.

9. Kafein

Untuk Anda pecinta kopi dan teh, ini pasti kabar baik untuk Anda. Pasti Anda sudah mengetahui dengan baik bahwa kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, daya ingat, dan  fokus. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi kopi setidaknya 90 menit setelah Anda bangun tidur. Hal ini dapat membuat badan memproduksi kortisol secara alami terlebih dahulu sehingga tidak menahan efek dari kafein.

10. Cokelat

Dark chocolate mengandung antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi. Antioksidan dapat membantu Anda untuk tetap fokus dan berkonsentrasi. Sedangkan white milk chocolate baik untuk meningkatkan waktu reaksi dan daya ingat.

11. Teh Hijau

Teh hijau/Green tea mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifas otak.

12. Dark Leafy Greens

Sayuran yang sering Anda temukan dalam salad ini ternyata banyak memiliki kandungan yang baik bagi otak. Zat besi dan vitamin K yang terkandung meningkatkan fungsi kognitif otak.

13. Wortel Mentah

Wortel mentah memiliki indeks glikemi yang rendah, artinya glukosa yang terkandung dipecah secara perlahan sehingga membuat otak berada dalam kondisi yang stabil. Menghindari glukosa juga dapat membuat mood Anda lebih stabil.

14. Brokoli

Brokoli mengandung banyak vitamin K yang berperan penting dalam pemfungsian kognitif dan kekuatan otak. Selain itu brokoli juga mengandung banyak nutrisi baik lainnya yang baik kesehatan. Sehingga makanan ini dikatakan sebagai super food.

15. Biji bunga matahari (Sunflower Seeds)

Camilan yang melelahkan ini ternyata mengandung kandungan vitamin B yang cukup tinggi untuk meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat otak. Selain itu kandungan dalam biji bunga matahari juga dapat memperbaiki mood Anda yang tiba-tiba memburuk.

Baca juga: 5 Makanan Yang Bikin Ngantuk setelah Makan Siang

Tags: