10 Alasan Google Menjadi Tempat Terbaik untuk Bekerja

google office

BEKERJA sambil bermain, merupakan salah satu konsep unik yang jarang diterapkan perusahan-perusahaan besar sebagai metode kerja. Namun jangan salah, konsep nyeleneh ini malah membuat Google menjadi “the best place to work for” versi Majalah Time dan Fortune selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan, Google berhasil menduduki peringkat pertama dalam 100 perusahaan yang dinilai Majalah Fortune sebagai tempat bekerja terbaik di Amerika Serikat, selama 3 tahun berturut-turut. Apa yang membuat raksasa teknologi itu belum tersandung dalam mengembangkan inovasinya. Selain pengembangan managemen yang baik, lingkungan kerja yang nyaman juga turut mendukung.

Menurut Larry Page, CEO Google, banyaknya sarana yang disediakan Google untuk karyawannya, semata-mata agar lingkungan kerja menjadi seperti rumah. Tidak heran, saat kita berkunjung ke kantor Google, di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat, beberapa karyawan terlihat berjalan menggunakan otoped di sekeliling kantor.

Just have fun.

Berikut 10 daya tarik mengapa Google menjadi tempat kerja yang menggiurkan di dunia:

1. Google menjadi teknologi penyaluran informasi di seluruh dunia. Dengan jutaan pengunjung setiap bulan, melalui aplikasi pencari tahu, Google bergerak seperti teman baik yang menghubungkan informasi yang dibutuhkan pencarinya.

2. Google memandang perbedaan bukan hanya perlu diterima, tapi dirayakan. Google menjelma menjadi teknologi yang memandang keberagaman sebagai keindahan dan menjadi bagian dari kepercayaan itu.

3. Apresiasi adalah motivasi terbaik. Untuk itu, Google membuat seluruh ruang kerja menjadi menyenangkan dan inspiratif. Menyediakan fasilitas kesehatan yang lengkap, ruang pijat dan yoga serta makanan ringan sepanjang sore, itu semua loyalitas perusahaan untuk menjaga kenyamanan karyawannya.

4. Bekerja sambil bermain. Tidak harus selalu bekerja, bermain salah satu komponen yang bisa menstimulus kegairahan karyawan untuk lebih produktif melakukan inovasi.

5. Google sangat mencintai karyawannya. Mereka menawarkan jaminan kesehatan, dana pensiun berjangka, biaya persalinan, sampai investasi saham, dan masih banyak lagi tunjangan serta bonus yang lain.

6. Inovasi adalah nafas Google. Raksasa teknologi ini selalu melihat peluang menjadi relevan untuk diterapkan. Mereka saat ini masih menjadi pemimpin teknologi dalam mengorganisir informasi dunia.

7. Karyawan Google tidak harus memiliki background khusus, seperti CEO atau juara olimpiade. Siapapun bisa bergabung di Google sekalipun itu marinir, Google tidak membatasinya.

8. Dalam satu waktu, orang di setiap negara dengan beratus bahasa dapat mengoperasikan Google. Mereka menyatukan dunia secara global,untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

9. Komitmen untuk selalu berinovasi. Google merasa masih mempunyai ratusan tantangan yang harus dikembangkan menjadi produk baru. Google berharap dapat menyertakan pengunjungnya hingga dapat menghasilkan produk yang berguna.

10. Dan terakhir, “there is such as thing as a free lunch after all.” Di dalam kantor pusat mereka di Mountain View, California, mereka menyebutnya Googleplex, di mana manajemen Google menyediakan 11 kafe/restaurant dengan menu sekelas hotel bintang lima dan semuanya disajikan gratis. Semuanya dimasak oleh chef kelas dunia, sebagai wujud kasih sayang Google untuk karyawannya. (@nurulmelisa, foto: enersi.com)

Tags: ,