Tips Memulai Go Green dari Diri Sendiri

Kita dapat berpartisipasi dalam menyukseskan program go green di lingkungan kerja. Pertama, mulailah dari diri sendiri. Misalnya, lihatlah  meja  kerja  Anda.  Apakah  sudah  rapi  dan  mencerminkan sikap “green”? Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi mendukung upaya menyelamatkan planet bumi.

– Hemat Kertas

Penggunaan  kertas  tampaknya  tak  dapat  dipisahkan  dari kebutuhan  sehari-hari.  Misalnya,  untuk  membuat  laporan  kepada atasan, mempersiapkan materi pertemuan dan rapat mingguan di kantor. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah memiliki kesadaran  untuk  berhemat  menggunakan  kertas.  Bila  tidak  perlu mencetaknya di atas kertas, lebih baik tidak usah. Gunakan saja kertas bekas yang sudah tak terpakai untuk digunakan kembali.

– Bawa dan Gunakan Alat Makan Sendiri

Hilangkan  kebiasaan  menggunakan  barang-barang  plastik  sekali pakai. Bawalah tempat makan, gelas atau mug, dan sendok-garpu sendiri  dari  rumah.  Gunakan  peralatan  makan  yang  dapat  dicuci dan digunakan kembali. Cara ini sudah membuat Anda membantu menyelamatkan bumi dari kerusakan, dengan tidak lagi menggunakan peralatan berbahan plastik.

– Hemat Penggunaan Air

Gunakan kran air di pantry kantor atau toilet secukupnya. Tutup rapat keran air agar tidak menetes terus menerus.  Demikian pula ketika di toilet. Gunakan tissu secukupnya saja. Ketika selesai menggunakan toilet, cukup mengguyur toilet sekali saja. Gunakan tombol lush kecil jika Anda buang air kecil, dan tombol besar untuk buang air besar. Tutup keran dengan rapat, sehingga tak ada air yang terbuang sia-sia. Bersikaplah peduli ketika menggunakan toilet sehingga kran tak lekas rusak.

– Saving Your Computer Energy

Matikan komputer atau alat elektronik lain bila tidak digunakan. Untuk komputer,  setting-lah  ke  status  sleep agar  dapat  menghemat penggunaan listrik komputer ataupun laptop hingga 70%. Jangan lupa, jika sedang tak diperlukan, sebaiknya tak perlu menggunakan screen saver di layar komputer Anda, karena screen saver justru menyebabkan pemborosan energi.

Jika hendak meninggalkan kantor untuk makan siang, menghadiri sebuah pertemuan, atau rapat yang memerlukan waktu lama di luar kantor, sebaiknya komputer Anda dimatikan saja.

– Cintai Tanaman

Tanaman memiliki kemampuan untuk menyerap polusi udara dan membantu menghasilkan oksigen yang segar yang diperlukan oleh kehidupan di dunia. Oleh karenanya, paling tidak milikilah satu pot kecil tanaman yang bisa Anda taruh di dalam kubikel Anda. Walaupun Anda bekerja di dalam ruangan ber-AC, polusi tetap terjadi. Tanaman kecil di sudut meja dapat menyerap polusi jahat yang bertebaran di sekitar lingkungan tempat bekerja.

– Jadilah Pionir Go Green

Jadilah inspirator di lingkungan kerja Anda. Beri masukan-masukan kepada  divisi  yang  mengatur  pembelian  alat-alat  keperluan  kerja agar  mereka  mulai  menggunakan  alat-alat  penunjang  kerja  yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Bila seluruh isi kantor termotivasi untuk melakukan aksi go green yang sama dengan Anda, berarti Anda sudah turut serta menyelamatkan planet bumi dari kehancuran akibat pemanasan global. Ambil langkah dan tunjukkan sikap peduli kepada lingkungan mulai dari sekarang, dan jangan tunggu lagi!   (Dari berbagai sumber)

Artikel ini dimuat pada Majalah HC, Februari 2010.