Gerakan Go-Green Mendorong Pertumbuhan Lapangan Kerja

Investasi pada ekonomi hijau dan enerji terbarukan di Amerika selama beberapa tahun terakhir ini telah mendorong pertumbuhan lapangan kerja yang sangat signifikan.

Ekonomi hijau atau ekonomi bersih adalah sektor ekonomi yang memproduksi barang dan jasa yang memberi manfaat kepada lingkungan. Sektor ini berkembang pesat di Amerika dan menciptakan banyak lapangan kerja baru. Antara tahun 1998 dan 2007, pertumbuhan lapangan kerja di sektor ekonomi hijau tiga kali lipat dari pertumbuhan lapangan kerja pada umumnya di Amerika pada periode waktu yang sama.

Infographic dari 1BOG yang dirilis beberapa waktu yang lalu menunjukkan, pertumbuhan lapangan kerja di sektor hijau 9,1% dibanding 3,7% di sektor tradisional.

Infographic tersebut juga menyebutkan sektor-sektor yang sedang booming yang menyumbang paling banyak pada pertumbuhan lapangan kerja tersebut, di antaranya adalah: wave/ocean power, solar thermal, wind, carbon storage/management, dan solar photovoltaic.

Selain merupakan sektor ekonomi yang paling banyak menciptakan lapangan kerja, posisi-posisi pada ekonomi hijau juga memiliki rata-rata gaji yang lebih tinggi dibanding posisi tradisional. Infographic tersebut juga menunjukkan di mana tempat-tempat terbaik mendapatkan green jobs di Amerika.

Tags: , ,