Training Manager

Merencanakan, mengkoordinir, menyelenggarakan, dan mengevaluasi seluruh kegiatan pelatihan di perusahaan, untuk menjamin bahwa program yang diselenggarakan sudah memenuhi persyaratan dan prosedur yang ditetapkan serta mencapai target yang telah ditetapkan.

No
Uraian
Skala Waktu H/M/B/T
1

Mengevaluasi, merencanakan dan bekerjasama dengan pimpinan departemen terkait menetapkan kebutuhan pelatihan dari seluruh departemen di Perusahaan, berdasarkan Performance Appraisal dan Job Competencies agar pelaksanaan pelatihan dapat dilakukan dengan terencana, rapi dan sesuai dengan arahan dan strategi perusahaan.

T
2

Membuat, merencanakan dan menyediakan materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan unit kerja, agar pelaksanaan pelatihan dapat dilakukan dengan terencana, dan memenuhi standar yang ditentukan.

T/B/M
3

Mengelola dan menyelengarakan seluruh kegiatan pelatihan dan program sertifikasi kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan untuk memastikan karyawan telah memenuhi standar yang ditentukan, terdokumentasi, serta meningkatkan kemampuan dan kinerja karyawan sesuai dengan kompetensi jabatan, dan diskripsi jabatan.

B/M/H
4

Melakukan evaluasi terhadap keefektifan pelatihan yang diselenggarakan, dan mengusulkan tindakan perbaikan sesuai prosedur dan hasil pelatihan, untuk pengukuran manfaat pelatihan dan sebagai bahan analisa kebutuhan pelatihan di masa yang akan datang.

T/B
5
Melakukan analisa dan secara aktif melakukan pencarian terhadap konsep-konsep, teknik-teknik, dan program pelatihan terbaru dari berbagai sumber di dalam ataupun di luar perusahaan sesuai dengan perkembangan tehnologi dan peralatan yang dipergunakan agar karyawan dapat meningkatkan kemampuan dan produktivitasnya.
T/B
6

Melakukan koordinasi dengan manajemen dan pimpinan departemen mengenai hal yang berkaitan dengan perbaikan program pelatihan sesuai kebutuhan agar pelaksanaan pelatihan lebih bermanfaat, tepat pada sasaran, dan meningkatkan produktivitas.

T/B
7

Mengelola dan melakukan penterjemahan atas dokumen-dokumen teknis di Perusahaan, menyimpan seluruh dokumentasi yang berhubungan dengan pelatihan, sesuai prosedur agar materi pelatihan mudah dipahami, rapi, dan terdokumentasi.

B
8

Menyiapkan budget dan sistem administrasi pelatihan sesuai prosedur agar pelaksanaan pelatihan dapat diselenggarakan dengan rapi, terdokumentasi dan terencana.

T/B
9

Memotivasi, mengembangkan dan mengevaluasi kemampuan dan kinerja bawahan, agar dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan kompetensi jabatan, dan diskripsi jabatan.

T/B/M/H
H : Harian, M : Mingguan, B : Bulanan, T : Tahunan
1.

Efektifitas Pelatihan

2.

Ketersediaan Rencana Pelatihan

3.

Tingkat Kompetensi Karyawan (Competency Gap Index)

4.
Budget variance
5.
Program pelatihan dan pengembangan
6.
Jam pelatihan per orang
7.
Rasio pemenuhan kompetensi
Keuangan
:
1.

Biaya pelatihan

   
 
 
Non Keuangan
:
1.

Jumlah karyawan

   
2.
Jumlah bawahan
   
3
Jumlah pelatihan per tahun
   
4.
Jumlah penyedia jasa pelatihan
Latar belakang pendidikan dan pengalaman
:
1.
Pendidikan minimum S-1 dalam bidang manajemen, psikologi atau pendidikan.
   
2.
Pemahaman mengenai teknik pendidikan dan pelatihan orang dewasa
   
3.
Pemahaman mengenai evaluasi efektifitas pelatihan
   
4.
Kemampuan berkomunikasi
   
5.
Pengalaman sekitar 5 – 8 tahun variabel dalam mengelola unit kerja Pelatihan & Pengembangan.
       
Kompetensi
:
1.

Kepemimpinan

   
2.

Integritas

   
3.

Pemikiran Analitis

   
4.

Kerjasama

   
5.
Inisiatif
   
6.
Pengembangan orang lain