Recruitment Supervisor

Merencanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan proses perekrutan pegawai dan penempatannya di perusahaan sehingga diperoleh pegawai dengan skill dan kompetensi yang tepat untuk menduduki posisi yang dibutuhkan agar bisnis perusahaan dapat berjalan lancar.

No
Uraian
Skala Waktu H/M/B/T
1

Mengkonsolidasikan rencana kebutuhan pegawai di tiap divisi dan menyusun prioritasnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga posisi penting yang menjadi prioritas dapat dipenuhi dengan cepat.

T
2

Merencanakan institusi yang menjadi sumber pegawai dan melakukan analisa secara kontinu kualitas pegawai dari institusi tersebut untuk memastikan di masa mendatang, perusahaan merekrut pegawai dari sumber yang tepat.

T/B
3

Mengkoordinasikan proses screening dan seleksi calon pegawai dengan metode / tools yang tepat  serta penempatannya di perusahaan untuk memastikan pegawai yang diterima memiliki skill dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan posisi yang ditempatinya.

T
4

Mengembangkan, melakukan analisa dan memilih metode / tools yang akan digunakan dalam proses seleksi sehingga metode / tools yang digunakan tersebut dapat membantu perusahaan dalam menentukan kandidat yang tepat.

T
5

Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangkan sistem dan prosedur perekrutan dan penempatan pegawai perusahaan untuk memastikan semua proses berjalan dengan tertib dan sesuai standar yang ditetapkan.

T/B
6

Mengkoordinasikan pembuatan dan peng-update-an database kandidat sehingga bila di masa mendatang terdapat posisi lain yang dibutuhkan, perusahaan dapat mempertimbangkan kandidat sebelumnya yang mungkin bagus (hanya skill dan kompetensinya tidak sesuai dengan posisi yang vacant pada waktu itu).

T/B
7

Menyusun rencana dan mengkoordinasikan pelaksanaan promosi brand perusahaan, terutama pada institusi sumber pegawai, untuk meningkatkan awareness pada pool of talent sehingga perusahaan dapat memilih kandidat terbaik dari yang baik.

T/B
H : Harian, M : Mingguan, B : Bulanan, T : Tahunan
1.

Tingkat akurasi data

2.

Analisa institusi sumber pegawai

3.

Kesesuaian pegawai dengan posisinya

4.

Metode / tools yang tepat

5.

Hasil audit perekrutan pegawai

6.
Database kandidat yang up to date
7.
Rasio kandidat yang bagus per posisi yang dibutuhkan
Keuangan
:
1.
    Biaya recruitment
   
 
 
Non Keuangan
:
1.

Jumlah pegawai

   
2.

Jumlah bawahan

   
3.
Jumlah tenaga yang direkrut per tahun
Latar belakang pendidikan dan pengalaman
:
1.

Minimum S1, diutamakan dari Manajemen / HR / Business

   
2.
Minimal 5 tahun dalam bidang yang sama.
       
Keahlian dan pengetahuan
:
1.

Memahami teknik / metode seleksi dan interview

   
2.

Memahami teori kompetensi

   
3.

Mampu menganalisa requirement posisi yang vacant dan menetapkan tools yang tepat digunakan untuk proses seleksinya