World Class Assessment for Creating Best Talent (Solo)

Solo, 23 – 25 Mei 2012 (3 Days)

DI dalam era globalisasi, hampir semua pimpinan menginginkan agar organisasi yang dipimpinnya sukses. Sudah banyak upaya yang dilakukan mulai dari penyempurnaan strategi, organisasi, kebijakan program dan lainnya. Namun dibalik itu, banyak dari mereka yang melupakan pentingnya keberadaan sumber daya manusia yang memiliki loyalitas dan kompeten. Mereka hanya menginginkan tersedianya SDM yang kompeten tetapi kurang mengutamakan loyalitas, komitmen selain kompetensi yang tinggi dari SDM yang justru menentukan keberhasilan organisasi di masa depan. Oleh karenanya rekrutmen yang dilakukan lebih menitikberatkan pada aspek kompetensi keras (hard competency) bukan kompetensi lunak (soft competency).

Kalau pun dilakukan dengan kompetensi lunak, mereka tidak menerapkan sesuai dengan kebutuhan organisasi karena belum dibarengi dengan konsep budaya perusahaan dan aspek kompetensi berbasis pekerjaan. Memang idealnya rekrutmen selayaknya dilakukan berbasis budaya perusahaan, namun apabila belum dikembangkan, maka dapat dilakukan berdasarkan kebutuhan pekerjaan saja. Untuk itu dibutuhkan keahlian dari pimpinan maupun petugas yang ditugaskan untuk melakukan rekrutmen apakan untuk calon pegawai yang berasal darri luar maupun dari dalam organisasi.

Melihat adanya kebutuhan perlunya keahlian ini, maka perlu upaya menyediakan jasa dalam bentuk pengembangan keterampilan melakukan analisis kebutuhan SDM berbasis kompetensi, khususnya dari aspek kompetensi lunak dengan pelatihan asesmen. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan para pimpinan dapat mengembangkan SDM yang dipimpinnya, serta bagi petugas rekrutmen, akan mampu melakukan analisis kompetensi SDM dalam proses rekrutmen terhadap calon pegawai dari luar maupun dari dalam perusahaan yang memiliki loyalitas, komitmen dan kompetensi tinggi sehingga mampu mendorong keberhasilan organisasi di maa depan.

TUJUAN:

1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang konsep manajemen SDM berbasis kompetensi kepada peserta pelatihan
2. Memberikan solusi dan rekomendasi pemecahan masalah yang berkaitan dengan penentuan calon pegawai yang memiliki loyalitas dan kompetensi yang memadai
3. Memberikan wawasan yang berkaitan dengan pengembangan budaya perusahaan yang adaptif yang mendorong keberhasilan organisasi di masa depan

METODE PELATIHAN:
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Games
4. Tugas Individual dan Kelompok

Siapa Yang Perlu Mengikuti?

Untuk dapat menerapkan proses perubahan yang efektif, selayaknya yang perlu mengikuti pelatihan ini adalah para pimpinan organisasi dan perusahaan, staf yang ditugaskan menjalankan program rekrutmen untuk memperoleh calon pegawai yang memiliki loyalitas, komitmen dan kompetensi tinggi. Namun demikian pelatihan ini juga dapat diikuti oleh para konsultan dan akademisi yang berperan dalam membantu memecahkan persoalan organisasi dan perusahaan.

Module :

• Isues on Talent Management
• Assessment
• Assessment and Development Center
• Competency Mapping
• Assessing Functional Competencies
• Assessment Tools
• Self-Assessment
• 360 Degree
• Behavioral Event Interview
• In-tray Exercise
• Personality Test
• Praktek Asessment

SPEAKER: HENDRA KUSNOTO

Hendra Kusnoto adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1984. Pada tahun 1986 ia melanjutkan studi di Fakultas Pasca Sarjana UGM jurusan Psikologi Perkembangan. Di tahun itu pula, Hendra bergabung dengan Universitas Persada Indonesia “YAI’ dan mendirikan Fakultas Psikologi swasta pertama di Indonesia. Hendra juga sempat menjadi dekan dan mengajar di fakultas itu pada tahun 1987 – 1989. Pada masa itu Hendra termasuk dekan termuda di Indonesia. Selama mengajar, Hendra mempelajari ilmu manajemen bisnis secara otodidak. Pada tahun 1989 yang bersangkutan bekerja di PT Antam. Di perusahaan ini Hendra aktif dalam bidang sumber daya manusia. Pada tahun 1996 beliau studi di bidang Management and Business Administration di Melbourne University, Australia dan beliau sempat mengikuti program magang dan bekerja di perusahaan terkemuka Australia (Broken Hill Propriety/BHP). Sekembalinya dari studi di Australia Hendra menulis buku berdasarkan hasil penelitian di perusahaan-perusahaan yang ada di Australia. Buku tersebut berjudul “Praktek Manajemen Terbaik di Dunia” dan diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2001.

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis dan sumber daya manusia, pada tahun 1996, Hendra ditunjuk sebagai salah satu anggota tim IPO (inital public offering) untuk mempersiapkan PT Antam menjadi perusahaan publik. Sejak saat itu Hendra selalu terlibat dalam tim strategis baik dalam bidang pengembangan usaha maupun sumber daya manusia. Karena hobi belajarnya tidak pernah berhenti, Hendra mempelajari manajemen perubahan baik secara otodidak maupun pelatihan-pelatihan di dalam dan luar negeri. Walaupun Hendra pernah studi di negeri kangguru, namun ia merasa belum puas, sehingga pada tahun 1998 Hendra belajar mengenai manajemen bisnis internasional di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya, Jakarta.

Pada tahun 2000, berbekal pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis, sumber daya manusia dan manajemen perubahan, Hendra dipercaya oleh pimpinan PT Antam Tbk untuk memimpin tim manajemen perubahan untuk memantapkan posisi PT Antam Tbk sebagai perusahaan yang mampu menjadi perusahaan kelas dunia. Untuk tujuan tersebut, Hendra mempelajari balanced scorecard langsung dari penciptanya, yaitu Dr. David Norton. Perannya dalam bidang manajemen perubahan tersebut turut mampu menjadikan PT Antam Tbk menjadi perusahaan terkemuka.

Sejak tahun 2006 Hendra bergabung dengan beberapa perusahaan konsultan yang bergerak dalam bidang manajemen strategis, manajemen perubahan, good corporate governance dan manajemen sumber daya manusia. Di samping itu Hendra secara pribadi juga berperan sebagai advisor yang memberikan pelatihan dan konsultasi di beberapa perusahaan baik nasional maupun asing. Perusahaan-perusahaan yang pernah ditangani adalah. Jasa Marga, Jasa Raharja, PGN, PTPN IX, Swedish Match dan lain-lain. Untuk menjalankan tugas tersebut beliau memperoleh ijin khusus dari pimpinan perusahaan. Di PT Antam Tbk sendiri, akhir-akhir ini beliau ditunjuk sebagai advisor direksi dalam bidang good corporate governance, manajemen transformasi dan sumber daya manusia.

Investasi : Rp. 5.000.000,-
(Termasuk Souvenir, flask disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat)

Tempat: Solo Paragon Hotel & Residences

Penyelenggara: Spectra Centre

My Fieldset
  1. (required)
  2. (valid email required)
 

cforms contact form by delicious:days